201 Desa di Bengkulu Belum Cairkan DD Tahap I, Bengkulu Selatan jadi Kabupaten Terbesar Cairkan DD

Bengkulu,solusi-news.com – Dari data Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pembendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Bengkulu per 30 April 2022 ada sebanyak 201 Desa di Provinsi Bengkulu belum mengajukan penyaluran dana desa (DD) tahap I. Dari 9 Kabupaten dimana Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan penyalur DD terbesar tahap I dengan jumlah Rp 24,8 miliar.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu Syarwan, Rabu (25/5), saat melakuakan press release terkait kinerja pelaksanaan APBN, TKKD, Kredi Program serta penguatan peran dan dukungan kementerian keuangan di Provinsi Bengkulu dalam membangun ekonomi Bengkulu.

Dikatakan Syarwan, Pagu Dana Desa tahun 2022 Kabupaten Bengkulu Selatan telah ditetapkan sebesar Rp 102 miliar untuk dialokasikan kepada 142 desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Kabupaten Bengkulu Selatan termasuk yang terbesar dalam penyaluran DD tahap I per 30 April 2022 ini, Kami berharap untuk desa-desa yang laininya ini menjadi contoh agar segera mengajukan dana desa tahap selanjutnya tepat waktu, untuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat desa,” ujar Syarwan.

Sementara itu, dari 201 desa yang belum mencairkan DD tersebut terbagi dalam beberapa kabupaten dan kota diantaranya Kabupaten Bengkulu Utara ada 21 dari 215 desa, Kabupaten Rejang Lebong 17 dari 122 desa, Kabupaten Seluma 69 dari 182 desa, Kabupaten Kaur 3 dari 192 desa, Kabupaten Mukomuko 6 dari 148 desa, Kabupaten Lebong 77 dari 93 desa, Kabupaten Kepahiang 0 dari 105 desa dan Kabupaten Bengkulu Tengah 8 dari 142 desa.

“Saat ini masyarakat masih dalam masa endemi Covid-19 sehingga dengan DD ini merupakan momen melalui komponen bantuan Langsung Tunai (BLT) masyarakat sangat terbantu sekaligus untuk penigkatan perekonomian di desa tersebut,” tutup Syarwan. (R)

Leave a comment