25 Jajanan Tradisional Indonesia dari Berbagai Daerah

Jajanan tradisional merupakan panganan khas dari nenek moyang dan biasanya dibuat untuk acara atau tradisi tertentu. Setiap daerah memiliki jajanan tradisional Indonesia dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Jajanan tradisional juga kerap disebut dengan nama jajanan pasar. Pasalnya jajanan tersebut banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional.

1. Apem
Apem merupakan makanan tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung beras dan campuran telur, santan, gula, tape, dan sedikit garam.

Kue apem disebut-sebut dibawa oleh Ki Ageng Gribig, seorang tokoh keturunan Prabu Brawijaya. Kue yang satu ini masuk dalam kekayaan budaya Jawa.

2. Arem-arem
Jajanan tradisional berikutnya adalah arem-arem yang berasal dari Jawa Tengah. Arem-arem terbuat dari nasi aron yang dipadatkan dan diberi isian.

Panganan ini memiliki bentuk menyerupai lemper, bentuknya memanjang dan terbungkus daun pisang.

3. Awug
Awug adalah jajanan pasar khas masyarakat Sunda atau Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air, garam, gula merah, dan kelapa parut lalu dikukus.

4. Bacang ketan
Bacang ketan adalah jajanan khas Jawa Barat yang awalnya berasal dari China. Kudapan ini terbuat dari beras ketan yang diberi isian daging sapi lalu dibungkus dengan daun bambu.

5. Carabikang
Carabikang merupakan kue khas Jawa Tengah yang memiliki bentuk seperti serabi tetapi berwarna-warni dengan cita rasa manis.

Jajanan tradisional ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras.

6. Cente manis
Cente manis adalah kue tradisional khas Betawi yang terbuat dari tepung kacang hijau. Kudapan yang satu ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal dan lembut.

7. Cucur
Cucur adalah jajanan khas Betawi yang terbuat dari adonan tepung beras dan gula aren yang digoreng. Makanan ini biasanya sering dijumpai pada upacara-upacara adat budaya Betawi.

8. Dadar gulung
Dadar gulung merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat. Jajanan ini terbuat dari tepung terigu yang dibuat menjadi dadar tipis berwarna hijau.

Kemudian dadar tersebut diisi dengan kelapa parut yang sudah tercampur gula merah dan digulung.

9. Getuk
Jajanan tradisional berikutnya adalah getuk. Makanan asal Magelang, Jawa Tengah ini terbuat dari singkong rebus kemudian dihaluskan dan diberi gula merah.

10. Gemblong
Gemblong merupakan jajanan tradisional khas Jawa yang bisa ditemui di pasar tradisional. Makanan ini terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga halus lalu dibentuk bulat.

Setelah itu, adonan yang telah dibentuk, digoreng dan dilapisi dengan larutan gula aren.

11. Lemper
Lemper adalah jajanan tradisional khas Jawa yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan.

Setelah matang diberi isian tumisan ayam atau abon, kemudian dibungkus daun pisang.

12. Lumpia
Lumpia merupakan jenis jajan tradisional populer yang berasal dari Semarang. Lumpia adalah jajanan yang terdiri dari kulit dan isian.

Jajanan yang satu ini biasanya memiliki isian rebung, dan memiliki dua varian yaitu lumpia basah dan lumpia kering.

13. Nagasari
Dari Jawa, ada kudapan bernama nagasari yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi dengan pisang lalu dibalut daun pisang dan dikukus.

14. Klepon
Klepon merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Jawa. Makanan ini juga dikenal di Sumatra dan Sulawesi.

Klepon memiliki bentuk bola-bola kecil berbalut parutan kelapa dengan isian gula merah yang dapat lumer di mulut saat dimakan.

15. Kue ku
Kue ku merupakan jajanan yang dibuat oleh orang Tionghoa di Indonesia. Kue ini berbentuk bulat atau oval dengan motif menyerupai cangkang kura-kura.

Kue ku terbuat dari kulit ketan yang lengket dan lembut dengan isian manis di tengahnya. Isi kue ku biasanya kacang hijau atau kacang tanah dan gula.

16. Kue lumpur
Ilustrasi. Jajanan tradisional Indonesia yang lezat dari berbagai daerah, salah satunya kue llumpur (CNN Indonesia/Syanne Susita)
Jajanan tradisional Indonesia berikutnya adalah kue lumpur yang berasal dari Betawi. Kue lumpur terinspirasi dari kue khas Portugis yang disebut pasteis de nata.

Makanan ini terbuat dari santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi digunakan vanila dan sering kali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya.

17. Kue pancong
Kue pancong merupakan jajanan yang terbuat dari perpaduan kelapa parut, tepung beras, santan, dan garam. Kue ini berasal dari Betawi, seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

18. Kue talam
Kue talam juga termasuk jajanan khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, tepung singkong tepung terigu, dan tepung sagu.

19. Onde-Onde
Ilustrasi. Jajanan tradisional Indonesia yang lezat dari berbagai daerah, salah satunya onde-onde (iStockphoto/Reezky Pradata)
Onde-onde merupakan kudapan asal Tiongkok yang kemudian diadaptasi oleh masyarakat di Indonesia. Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus, lalu permukaannya ditaburi biji wijen.

20. Ongol-ongol
Ongol-ongol adalah jajanan tradisional khas Jawa Barat. Kudapan ini terbuat dari tepung sagu, air, gula Jawa, kelapa, dan daun pandan.

21. Panada
Panada merupakan kuliner khas Manado yang memiliki tekstur lembut, isiannya berupa parutan pepaya muda yang dicampur dengan ikan cakalang yang dimasak pedas.

22. Pastel
Ilustrasi. Jajanan tradisional Indonesia yang lezat dari berbagai daerah, salah satunya pastel (iStockphoto/luoman)
Sebenarnya pastel bukanlah makanan asli Indonesia, tetapi sudah diadaptasi oleh masyarakat Indonesia dan mudah ditemui di pasar sebagai jajanan tradisional.

Pastel terbuat dari tepung yang dibuat menjadi adonan padat lalu ditipiskan, diberi isian dan dibentuk menyerupai kerang kemudian digoreng.

23. Pukis
Pukis adalah kue tradisional yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kue pukis terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan.

Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api. Pukis biasanya diberi taburan cokelat, keju, sukade, atau selai.

24. Putu
Putu merupakan makanan yang berasal dari China yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia. Kue ini biasa dijual dengan gerobak dengan bunyi yang khas.

Kue putu terbuat dari butiran kasar tepung beras, parutan kelapa yang dimasak di dalam tabung bambu kecil dan diisi dengan gula merah.

25. Wingko
Selanjutnya adalah wingko yang merupakan jajanan tradisional khas Semarang. Wingko terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut muda dan gula pasir.

Leave a comment