80 Orang Dosen Umuslim Ikut Sosialisasi Dan Pelatihan Sister

Matangglumpangdua, solusi-news.com – Sebanyak 80 Orang dosen beserta staf administrasi Universitas Almuslim Matangglumpangdua, Bireuen, Aceh bertempat di gedung AAC MA Jangka sabtu lalu mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Imformasi sumber daya Terintegrasi (Sister).

Pada acara pembukaan Marzuki M.Pd selaku ketua Panitia menyampaikan bahwa pelatihan itu dimaksud untuk melibatkan para dosen mempersiapkan diri dalam mengisi data melalui Sister yaitu Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (BKD) sebagaimana tuntutan Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Maka berdasarkan itulah kita laksanakan Sosialisasi dan Pelatihan kepada 80 tenaga dosen dan staf administrasi Umuslim yang dipandu cara mengisi oleh Imam Gunanjar SE, MM dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) 13 Aceh.

Kemudian pada Pembukaan acara Rektor Universitas Almuslim DR Marwan M.Pd minta kepada peserta agar mengikuti sosialisasi dan pelatihan dengan sungguh sungguh. Sebab sangat membantu para dosen mampu beradaptasi dalam mengisi Sister BKD yang berguna untuk kebenaran data pribadi dalam mendapatkan tunjangan sertifikasi dosen sebagaimana permintaan dari Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi. Bila masih terjadi kesalahan dalam mengisi Belum Memenuhi (BM) dan Tidak Memenuhi (TM) Laporan Kerja Dosen (LKD) maka pada tahun 2023 mendatang akan dikenakan sanksi administrasi teguran lisan dan tulisan.

Untuk itu besar harapan Rektor agar para dosen jangan abaikan dapat memahami dan meningkatkan kinerja dalam meng update data secara digital melalui Laman sister. Kepada bagian data di universitas agar secara masif terus membantu kelancaran apa saja yang dibutuhkan. Jangan sampai terkendala dengan sistem imformasi yang menjadi perhatian Dirjen Dikti, Ristek dan Teknologi kita Universitas Almuslim mendapat teguran. Padahal Universitas Almuslim merupakan PTS terbaik Aceh tahun 2021.

Pada kesempatan itu Imam Gunanjar sebagai pemateri meminta para dosen dan staf administrasi Unimus untuk menyiapkan bahan bahan keperluan data diri dosen dari SK tugas, sk impasing, biodata, sk jafung, sk memberikan kuliah, bermacam macam sertifikat, sk pengabdian masyarakat, penelitian, jurnal, artikel dan banyak lainnya sebagaimana pada sigma yang diminta.

Imam Gunanjar menambahkan bahwa pengisian sister diminta untuk setiap semester sebagai BKD masing masing baik dosen yang sudah sertifikasi maupun yang belum. Ini sangat penting diisi untuk memenuhi data pribadi dosen. (Faiz)

Leave a comment