Akibat Guncangan Gempa Berkekuatan 5,6 Magnitudo, 115 Unit Rumah warga dan 3 Unit Tempat Ibadah Di Kecamatan Ulu Manna Rusak

Bengkulu Selatan, Solusi-news.com – Pada Hari Sabtu Tanggal 23 Maret 2024 pada pukul 20.20 wib Telah terjadi bencana Gempa Bumi yang berpusat di laut 30 KM Barat Daya Bengkulu Selatan.

Gempa Bumi yang berpusat di laut 30 KM Barat Daya Bengkulu Selatan menyebabkan beberapa kerusakan rumah dan fasilitas ibadah di beberapa wilayah di Bengkulu Selatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bengkulu Selatan Hen Yepi melalui rilis resmi group whatsup BPBD BS pada hari minggu 24 Maret 2024.

“Gempa yang terjadi bekekuatan 5,6 MG tidak berpotensi tsunami. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,7° LS ; 102,67° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 Km arah Barat Daya Kota Manna, Bengkulu Selatan pada kedalaman 60 km,” kata Hen Yepi.

Dijelaskannya, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

“Akibat/dampak dari Gempa Bumi tersebut terjadi kerusakan 115 rumah warga dan 3 masjid/Rumah Ibadah yang tersebar kecamatan ulu manna dan kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan,”terang Hen Yepi.

Adapun rincian kerusakan akinat gempa bumi tersebut adalah :

– Kerusakan 115 Unit rumah
– Kategori rusak ringan 88 unit
– Kategori rusak sedang 19 Unit
– Kategori rusak berat 8 Unit
– Kerusan 3 Unit Masjid
– Kerugian ditaksir mencapai 1.030.000.000 (Satu Miliar Tiga Puluh Juta Rupiah.

Lebih lanjut Kepala BPBD BS menghimbau Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,”pesan Hen Yepi.

Penulis :Sy.Sopian Efendi

Editor : Putri

 

Leave a comment