Anggaran Bansos PKH Tahun 2022 di Bengkulu Capai Rp 119,4 Miliar Untuk 81 Ribu KPM

Bengkulu, solusi-news.com – Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu mencatat sampai dengan 20 Juli 2022 total realisasi anggaran bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) di Provinsi Bengkulu mencapai Rp 119,4 miliar.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Syarwan mengatakan, pencairan bansos PKH pada triwulan I 2022 mencapai Rp 59,4 miliar untuk 83.273 keluarga penerima manfaat (KPM). Sementara itu, pada triwulan II 2022 ini realisasi PKH mencapai Rp 60 miliar lebih untuk 81.374 KPM.

Ket foto : realisasi anggaran bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) di Provinsi Bengkulu mencapai Rp 119,4 miliar.-(solusi-news.com).tsy

“Kalau kita melihat data, total realisasi PKH di Bengkulu Rp 119,4 miliar dengan total penerima setiap triwulannya mencapai 80 ribu lebih,” ujar Syarwan saat menyampaikan realis Kinerja APBN dan PEN, Kamis (21/7).

Ia mengatakan, besaran dana PKH yang diterima tiap KPM seperti ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun besarnya Rp 250 ribu per bulan, siswa SD Rp 75 ribu per bulan, siswa SMP sebesar Rp 125 ribu per bulan, siswa SMA Rp 166 ribu per bulan, dan penyandang disabilitas berat serta lanjut usia 70 tahun ke atas sebesar Rp 200 ribu per bulan.

Dana tersebut langsung dibagikan dari Kementerian Sosial (Kemensos) ke rekening masing-masing KPM.

“Jadi besaran dana yang diterima KPM tetap sama, sesuai dengan komponen yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Ket foto : Dana tersebut langsung dibagikan dari Kementerian Sosial (Kemensos) ke rekening masing-masing KPM.-(solusi-news.com).tsy

Ia meminta, kepada para KPM agar menggunakan bansos PKH tersebut sesuai kebutuhan yang telah ditetapkan pemerintah. Jangan menggunakan bansos PKH untuk hal-hal yang tidak penting seperti membeli rokok dan obat-obat terlarang.

“Jadi harus selektif dalam menggunakan uang bansos tersebut. Dahulukan untuk membeli kebutuhan yang paling mendesak,” tutupnya. (R)

Leave a comment