Bupati Bengkulu Selatan Imbau Pengelolaan BUMDes

Bengkulu Selatan, solusi-news.com – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi berharap Pemdes agar mengoptimalkan pengelolaan Badan Usaha Unit Desa (BUMDes). Untuk pengembangan usaha industri kreatif masyarakat desa demi pengembangan kesejahteraan ekonomi rakyat khususnya di desa.

Apalagi, selama ini BUMDes selalu disupport dengan kucuran Dana Desa (DD). Sayangnya dari 142 BUMDes yang sudah terbentuk, hanya sebagian yang aktif dan produktif mengembangkan usaha-usahanya. Bahkan masih banyak pengurus BUMDes tidak kreatif dalam mengembangkan usaha.

Padahal dengan kucuran DD yang cukup besar tidak ada alasan untuk tidak mengembangkan potensi perekonomian rakyat di desa. Bukan hanya itu, keberadaan BUMDes sudah seharusnya mampu menjadi penyumbang pendapatan asli desa (PADes) dari hasil laba usaha. Karena, hampir setiap tahun Pemerintah Desa (Pemdes) mengucurkan dana penyertaan modal yang tidak sedikit ke BUMDes.

“Saya mengharapkan Pemerintah Desa dan pengelola BUMDes lebih kreatif dalam mengelola BUMDes untuk pengembangan usaha, agar bisa menghasilkan pendapatan,” tegas Bupati Gusnan Mulyadi.

Dikatakan Gusnan, banyak jenis usaha dan potensi yang bisa dikembangkan BUMDes. Namun, saat ini BUMDes terkesan kurang memanfaatkan potensi itu. Padahal, seharusnya BUMDes dibentuk sebagai wadah untuk memberdayakan pengembangan ekonomi rakyat di desa.

Diharapkan pengurus BUMDes kedepan lebih berfikir maju, supaya masyarakat di desa bisa menikmati dan merasakan keberadaan BUMDes yang dibiayai melalui Dana Desa.

“Selama ini BUMDes masih bergantung dengan penyertaan modal dari desa, padahal kalau dikelola bisa menyumbang pendapatan bagi desa, bisa saja mengembangkan usaha bidang pertanian, peternakan, maupun usaha perekonomian lainnya termasuk pengembangan kios Sekundang,” pungkas Gusnan. (adv)

Leave a comment