Bupati Bireuen Minta Puskeswan Bekerja Extra Dalam Mencegah PMK

Bireuen, solusi-news.com – Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A.Gani SH, M.Si mengharapkan kepada Petugas Pusat Kesehatan Hewan/Klinik Hewan (Puskeswan) agar segera menangani dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak dalam wilayah Kab. Bireuen.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Bireuen pada Rapat Koordinasi tentang kewaspadaan terhadap Penyakit mulut dan Kuku (PMK) di Aula Bappeda Bireuen kemarin.

Prosesi rapat ternyata dihadiri Forkopinda Bireuen SKPK seperti Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan, Bappeda, Pertanian, Satpol PP, DPPKD dan PDHI koordinator Bireuen.

Pusat Kesehatan Hewan Bireuen Gandapura, Peusangan, Kuala, Juli, Peudangan Siblah Krueng, Kota Juang, Peudada dan Jeunib untuk wilayah barat. meliputi Samalanga, pandrah, simpang mamplam dan plimbang.

Bupati Memin dokter hewan di Puskeswan membantu peternak sapi, kerbau, kambing dan domba dlm pencegahan penyakit ternak dengan memeriksa penyakit, beri vitamin dan suntikan

Bupati Muzakar berharap bila ada permasalahan tempat pasar hewan, maka ditutup sementara. Dan steril kandang ternak dari kebersihan Larangan masuk ternak dari kab. Lain.

Pos pemeriksaan harus meneriksa setiap truk atau mobil pic up pengangkut ternak dengan tidak membiarkan ternak lepas.

Sementara Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Koordinator Bireuen DR drh Zulfikar M.Si turut menyampaikan arahan pada pertemuan tersebut meminta kepada Pemda Bireuen untuk memberikan Sosialisasi kepada peternak di kab. Bireuen untuk mampu menjaga kebesihan lingkungan kandang dari kotoran hewan, analisis lingkungan termasuk tempat pemberian pakan. Juga lokasi diluar kandang yang terang dari sinar matahari. Hindari becek lokasi kandang bisa kena penyakit kuku. (Faizin/Suherman Amin)

Leave a comment