Cek Jago Salah Satu Bentuk Wujud Syarat Untuk Siswa PSHT Calon Warga Baru PSHT Pusat Madiun

Nganjuk , solusi-news.com – Sebanyak 107 calon warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Ngronggot Cabang Nganjuk Pusat Madiun, yang terdiri dari 83 siswa putra dan 24 siswa putri mengikuti cek jago, yang di mana Ranting Ngronggot Cabang Nganjuk ada 8 rayon di antaranya , Rayon Kaloran , Tranyang , Dadapan , Mojokendil , Ngronggot , Tanjungkarang , cengkok dan Rayon Betet . Rabu (27/07/2022).

Cek Jago yang dilaksanakan di  Halaman Balai Desa Mojokendil Kecamatan Ngronggot kabupaten Nganjuk ini, dipantau juga oleh Babinsa  dan Babinkamtibmas serta diamankan oleh puluhan Pamter di bantu dari Polsek ngronggot.

“Cek jago  ini salah satu bentuk syarat agar bisa disahkan menjadi warga baru PSHT. Ada 6 penguji warga tingkat dua dari Cabang Nganjuk yang memeriksa  jago yang dibawa siswa,” kata Didik , Ketua PSHT Ranting Ngronggot Cabang Nganjuk Pusat Madiun.

Penguji dari cabang Nganjuk di antarannya Kangmas Joko Wasito , kangmas Agung Lukito , kangmas Suhaji , kangmas Santoso , kangmas Nanang , dan juga kangmas Siswanto.

ket foto : Cek Jago yang dilaksanakan di  Halaman Balai Desa Mojokendil Kecamatan Ngronggot kabupaten Nganjuk ini, dipantau juga oleh Babinsa  dan Babinkamtibmas serta diamankan oleh puluhan Pamter di bantu dari Polsek ngronggot.-(solusi-news.com)

Dengan ini dijelaskan, sebagai kelengkapan menjadi warga PSHT, calon warga baru harus mengikuti cek jago, yang akan diperiksa oleh warga tingkat dua. Pemeriksaan dilakukan apakah jago yang dibawa siswa benar-benar sehat, dan tidak cacat dalam artian layak untuk syarat tersebut.

,” Jago ini nantinya saat pengesahan akan disembelih dan dagingnya akan disedekahkan, sehingga perlu dites apakah calon warga tersebut telah benar-benar ikhlas menyedekahkan ayam jagonya tersebut yang telah dipelihara beberapa bulan sebelum nantinya akan di pergunakan dalam salah satu syarat wajib tersebut ,” jelas Didik yang asli dari Warga Pengesahan Ranting Sukomoro.

Di hubungi awak media Beritaterbit.com Sementara itu, Drs. H Gondo Hariyono Ketua PSHT Cabang Nganjuk Pusat Madiun menjelaskan, tes jago ini juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan siswa dalam menyongsong pengesahannya sebagai warga baru PSHT.

,” Kegiatan cek jago dalam PSHT tidak ada unsur klenik atau musrik, dan kegiatan ini bersifat terbuka. Buktinya, tadi juga dipantau oleh anggota TNI/Polri ,” kata pria yang akrab disapa Kang Mas Gondo ini.

Lanjut Kangmas Gondo ,” sangat tidak benar jika ada pihak yang mengarang cerita bahwa cek jago ini atau kegiatan lain yang tidak sesuai.  jago ini diperlakukan sewajarnya dan tidak untuk diminum darahnya, atau bentuk kemusrikan lainnya.

,” Jago ini nantinya disembelih untuk dimasak dan dikonsumsi saat resepsi pengesahan warga baru PSHT. Biasanya kami mengundang bupati/wakil bupati, kapolres, danramil, anggota DPRD, dan undangan dari unsur lainnya ,” perlu di garis bawahi cek jago ini untuk memberikan pembelajaran kepada para siswa untuk belajar berbagi atau bersedekah kepada sesama ,” jelas  Kang Mas Gondo.

Perlu di ketahui calon warga PSHT Cabang Nganjuk Pusat Madiun yang nantinya pengesahan tahun 2022 ini sejumlah 4.385 Calon warga.

 

Reporter  : Gendro

Leave a comment