Cuitan Dondi Gatam : Menunggu Gebrakan Kerja Kadis Pariwisata Bengkulu

Bengkulu, solusi-news.com Setelah dilantik oleh Gubernur Bengkulu, Senin (25/4) Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Bengkulu Saidirman, SE,M.Si dan akan mulai berkantor ditempat yang baru serta menjalankan program-program kerjanya di Dispar.

Dondi Gatam seaku Masyarakat Kota Bengkulu telah tidak sabar menunggu gebrakan yang akan dilakukan Kadis Pariwisata yang baru tersebut atau program 100 hari kerja. Serta dapat menjalankan amanah dengan baik serta ikhlas dalam menjalankan tugas yang diemban.

“Kita menunggu gebrakan program 100 hari kerja pimpinan baru Kadis Pariwisata Saidirman untuk kemajuan pariwisata Provinsi Bengkulu ini,” ujar Dondi.

Dondi menilai belum adanya progres di program pariwisata Bengkulu bangkit dikarenakan pandemi. Ada beberapa event pariwisata yang terpaksa tidak bisa digelar. Meski begitu, ada juga beberapa event terdekat yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Bengkulu yakni Festival Tabut yang beberapa tahun terahir tanpa adanya kemeriahan.

“Kami hanya ingin bahwa Tabut itu tetap dilaksanakan secara meriah, mendorong pertumbuhan pendapatan masyarakat serta UMKM di Bengkulu bisa bangkit juga harapannya,” jelas Dondi.

Selanjutnya, Dondi Gatam juga berharap Kadis Pariwisata yang baru bisa menyukseskan seluruh program unggulan pariwisata yang sudah ditetapkan.

“Tidak terkesan hanya jalankan even atau kegiatan saja, tapi memang memberi nilai bagi masyarakat dan kunjungan wisatawan. Maka di sini perlu promosi lewat berbagai saluran media yang sampai informasinya di nusantara dan mancanegara,” tegasnya.

Dondi Gatam juga mengingat Kepada Kadis baru, kedepannya bisa mengusulkan dana publikasi untuk promosi daerah, jangan hanya berpangku tangan dapat gelontoran dana dari POKIR DPRD yang hanya bisa mengakomodir segelintir media, yang promosi dan publikasi nya sebatas website, ungkap dondi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini Provinsi Bengkulu memiliki jumlah 544 destinasi wisata yang terdaftar sampai tahun 2021 di kelompokan dari wisata alam sebabyak 322, wisata budaya 95, wisata buatan 55, dan 92 wisata sejarah. Ini merupakan jumlah yang sangat banyak sekali yang perlu diperhatikan.

Dari sejumlah wisata tersebut terdapat 54 destinasi wisata yang dikembangkan oleh pemerintah daerah, yerdiri dari 45 wisata alam, 1 wisata budaya, 5 wisata buatan, dan 3 wisata sejarah.

“Dan juga saya berharap, pola kerjanya lebih profesional, jangan terbawa-bawa pola kerja saat masih di kabupaten yang wilayahnya hanya kabupaten tersebut, ingat ini provinsi 9 kabupaten 1 kota jangkauan dan beban kerjanya sangat berat, saya soroti masalah pariwisata karena Pariwisata kita ini banyak keunggulan,” tutup Dondi Gatam. (R)

Leave a comment