Danrem 041 Gamas: Pelajar Harus Berkarakter dan Punya Integritas

Rejang Lebong, solusi-news.com– Komandan Korem 041 Garuda Emas (Gamas), Brigjen TNI Dr. Ahmad Budi Handoyo M.tr (Han) memberikan pembekalan pendidikan karakter, bela negara dan kebangsaan kepada ratusan pelajar SMA se-Rejang Lebong di SMAN 4 Rejang Lebong pada selasa (8/11/2022).

Dengan tema Membangun Jati Diri yang Berwawasan Kebangsaan diharapkan generasi penerus bangsa tertanam kuat jiwa untuk membela negara dalam bentuk apapun dan di mana pun.

“Tumbuhkan rasa hormat kepada lambang negara dan berpegang teguh pada lambang negara sebagai landasan menghadapi tantangan jaman. Hormat terhadap perundang-undangan agar Pendidikan karakter yang diikuti dapat membentuk jati diri sebagai pembeda” sambut Bupati RL, Drs H. Syamsul Efendi MM.

Ket foto ; Brigjen TNI Dr. Ahmad Budi Handoyo M.tr (Han) memberikan pembekalan pendidikan karakter, bela negara dan kebangsaan kepada ratusan pelajar SMA se-Rejang Lebong di SMAN 4 Rejang Lebong pada selasa (8/11/2022).-(solusi-news.com).tsy

Kewajiban membela negara bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi generasi penerus bangsa. Salah satu bentuk bela negara yaitu membentuk karakter dan integritas diri. Karakter dan integritas akan membentuk mindset untuk bergerak ke arah yang lebih baik.

“Orang yang memiliki integritas pasti memiliki kepribadian yang jujur dan di landasi dengan kebenaran universal. Pelajar SMA ini masih labil sehingga harus ada pembentukan karakter. Dengan mereka mengetahui potensi yang dimilikinya maka akan berdampak kepada masa depannya. Kalau anak tidak memiliki karakter dan integritas akan merugikan dirinya sendiri. Maka dari itu kita juga memiliki tanggungjawab membentuk karakter dan integritas” papar Danrem.

Karakter sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk faktor keluarga dan lingkungan sekolah. Pemilihan lingkungan yang tepat akan membentuk karakter yang tepat pula yang juga akan mempengaruhi tingkah laku sehari-hari. Karakter juga sangat berpengaruh besar terhadap masa depan.

Pembentukan karakter memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spritual dan kepribadian pelajar serta melatih jiwa kepemimpinan terutama terhadap diri sendiri.

Leave a comment