Desa Blongko Gelar Sosialisasi Tiga Jenis Dalam Aplikasi SDGs

Nganjuk, solusinews.click – Pemerintah Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk , melaksanakan Sosialisasi Pemutakhiran data SDGs Desa. Peserta yang hadir dalam sosialisasi ini yaitu,Camat Ngetos Widi Cahyono , Pemerintah Desa, BPD, RT, RW, PKK, Karang Taruna, Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat serta lembaga lembaga desa lainnya dan juga dari Adik-adik Mahasiswa IAIN Kediri Serta Pendamping Desa. Dalam sosialisasi ini pemutakhiran data SDGs Desa secara keseluruhan membahas mengenai pengenalan SDGs Desa , Jumat (22/07/22).

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

ket foto : SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.-(solusi-news.com)

Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs merupakan perbaikan data desa untuk memutakhirkan data Indeks Desa Membangun (IDM). Adanya pemutakhiran data Desa ini nantinya akan menentukan status suatu Desa. Status tersebut meliputi Desa tertinggal, Desa berkembang, atau Desa mandiri.

Jadi, data harus berdasarkan keadaan yang sebenar-benarnya. Terdapat 3 jenis pendataan dalam bentuk kuisioner yang tersedia dalam aplikasi SDGs. Jenis pendataan tersebut yaitu: 1) Pendataan kuisioner Desa yang dilaksanakan oleh perangkat Desa. 2) Pendataan kuisioner rukun warga yang dilaksanakan oleh ketua RT 3) Pendataan kuisioner ditingkat keluarga nantinya akan dilaksanakan oleh relawan pendata.

Setelah sosialisasi ini, langkah selanjutnya Desa akan kembali mengadakan rapat untuk membentuk relawan pendataan untuk tahun 2021.

Reporter : Gendro

Leave a comment