Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu Gelar OSN SMA/MA Tahun 2022 

Bengkulu, Solusinews.click – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA se-Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21-25 Agustus 2022.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini diikuti oleh perwakilan dari 9 Kabupaten dan 1 Kota dengan jumlah peserta 469 peserta yang terbagi dalam 9 mata pelajaran yang dilombakan, yakni Biologi, Kimia, Matematika, Fisika, TIK, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

OSN ini sendiri tidak hanya dilaksanakan di Provinsi Bengkulu saja, tetapi juga seluruh Indonesia.

ket foto : Kadis Dikbud Eri Yulian Hidayat Bersama Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA se-Provinsi Bengkulu.-(solusi-news.com)

Kepala Dinas Eri Yulian Hidayat menyampaikan kepada para peserta lomba untuk menjunjung tinggi kejujuran saat berkompetisi secara daring seperti ini. Beliau menambahkan bahwa penyelenggaraan OSN merupakan upaya Puspresnas mewadahi peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan mengukir prestasi di tingkat nasional hingga internasional.

“Terus berjuang, semangat belajar dan jadilah pribadi-pribadi tangguh yang memiliki akhlak luhur dan mulia, teruslah berkarya dalam bidang sains, manfaatkanlah diri kalian masing-masing dengan menjadi tutor sebaya bagi teman-teman kalian di daerah atau dengan cara yang lainnya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, jika nanti dalam lomba OSN tingkat provinsi siswa mendapatkan juara, secara otomatis akan diutus ke tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Bengkulu.

Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA se-Provinsi Bengkulu

Peserta yang telah mengikuti kegiatan ini, dapat melihat hasil penilaian OSN-P pada pekan ke satu bulan September 2022. Informasi penetapan dan publikasi peserta yang lolos menuju OSN oleh Pusat Prestasi Nasional pada pekan kedua bulan September tahun 2022. Hasil OSN tahun 2022
akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade Sains Internasional tahun 2023.

Selain itu, kompetisi sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter. Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA se-Provinsi Bengkulu ini dilaksanakan di 5 lokasi yaitu SMKN 3 Kota Bengkulu, SMAN 5 Kota Bengkulu, SMAN 2 Kota Bengkulu, SMKN 4 Kota Bengkulu, dan SMAN 7 Kota Bengkulu. (Adv)

Leave a comment