Dondy Gatam Tantang Bupati BS Laporkan Pemalsu Tanda Tangan Perbup 05 Tahun 2022

Bengkulu Selatan, solusi-news.com – Tanda tangan Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 05 Tahun 2022 Tentang kerja sama Publikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten BS diduga dipalsukan.

Kabar tersebut ditanggapi oleh Dondy Gatam Putra Asli Bengkulu Selatan yang tergabung di Ormas Bengkulu Peduli. Dondy menantang Bupati Gusnan Mulyadi untuk melaporkan pemalsuan tersebut kepada aparat penegak hukum (APH).

Bupati Gusnan telah mengeluarkan Perbup Tentang Kerjasama Publikasi pada 16 Januari 2022 lalu. Namun, Perbup tersebut banyak poin yang dinilai mendiskreditkan profesi wartawan di Bengkulu Selatan, hingga berujung puluhan wartawan menggelar aksi damai.

Dondy malanjutkan bahwasanya kalau memang Bupati BS merasa tidak pernah menandatagani Perbup tersebut maka Bupati untuk mengambil langkah hukum. Karena pemalsuan tanda tangan merupakan perbuatan yang melanggar hukum.

“Kalu memang tanda tangan dipalsukan mengapa mencuat setelah didemo, Bupati harus membuktikan dengan cara melaporkan ke APH,” ujar Dondy.

Adapun, pemalsuan tanda tangan pejabat lembaga pemerintah dapat dijerat dengan Pasal 263 ayat (1) KUHP, dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara. Pada akhirnya hakim di pengadilanlah yang berwenang memutuskan pidana yang akan dijatuhkan terhadap seorang yang terbukti memalsu surat.

Ketika wartawan ini berusaha konfirmasi dengan Bupati Bengkulu Selatan saat Nomor WA – nya dihubungi yang mengangkat adalah ajudannya, dan ajudan nya menyampaikan nanti beliau sampaikan ke Bupati dulu, tutupnya, dan konfirmasi belum kami dapatkan saat berita ini kami terbitkan.(R)

Leave a comment