Fahmi Pranata Sayangkan Sikap DPP IKM Kota Pasca Terbitnya SK Pjs Tanpa Pemberitahuan

Bengkulu, solusi-news.com – Mantan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Minang (DPD IKM) Kota Bengkulu periode 2019-2024, Fahmi Pranata sangat menyayangkan sikap DPP IKM yang tidak mengedepankan etika dan mekanisme berorganisasi karena langsung mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penunjukan Penjabat Sementara Ketua DPD IKM Kota Bengkulu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

“Saya sangat menyayangkan DPP mengeluarkan SK penunjukan Pjs tanpa ada pemberitahuan terhadap dirinya selaku Ketua DPD IKM Kota Bengkulu,” katanya ketika ditemui, Kamis (13/6/2024).

Ia menambahkan, seharusnya DPP mengeluarkan surat pemberitahuan habis masa jabatan dan meminta DPD segera mengadakan Musyawarah Daerah (Musda) pemilihan ketua yang baru, sehingga pengurus lama dapat membuat laporan pertanggung jawaban selama kepemimpinan bukan dengan cara main ganti begitu saja.

Fahmi menjelaskan ibarat kata pepatah minang “Datang Tampak Muko, Pai Tampak Pungguang” sekarang dengan adanya pergantian seperti ini bagaimana kami mau menggelar Musda dan membuat laporan pertanggung jawaban, karena saat ini sudah ada Pjs yang baru dengan tugas mengantarkan sampai terlaksananya Musda pemilihan ketua DPD IKM Kota Bengkulu yang baru.

Pada kesempatan itu, Fahmi berharap kasus seperti penunjukan Pjs Ketua DPD sepihak yang dilakukan oleh DPP cukup dialami oleh pengurus Bengkulu saja dan jangan sampai DPD daerah lain mengalami nasib serupa.

“Agar tidak menjadi preseden buruk kedepannya bagi Ketua DPD terpilih, maka saya berharap DPP dapat bersikap bijak dan menjalankan mekanisme organisasi secara profesional dan bukan hanya asal menerima laporan tanpa melakukan cross check ke lapangan, sehingga dengan gampangnya mengeluarkan SK Pjs dengan alasan mengisi kekosongan kepengurusan organisasi,” ujarnya.

Fahmi menilai dengan keluarnya SK Pjs maka DPP seolah-olah menganggap DPD IKM Kota Bengkulu sejak dilantik tidak melakukan apa-apa dan tidak melaksanakan tugas organisasi sebagai mana mestinya.

Ketika ditanya, Fahmi mengatakan jika SK Nomor: 046/SK-DPP IKM/Jkt/V/2024 atas penunjukan Efri Yandi Luthan sebagai Pjs Ketua DPD IKM Kota Bengkulu itu sah karena ditandatangani langsung oleh Ketua Harian DPP IKM H. Andre Rosiade SE dan Sekretaris Jenderal DPP IKM, Ir Nefri Hendri MT.

“Kita tidak menyalahkan SK tersebut hanya menyayangkan keluarnya SK tersebut tanpa sepengetahuan dirinya selaku Ketua DPD IKM Kota Bengkulu,” ujarnya.

Penulis: Rie

Editor: Wulan

Leave a comment