Forikan Tanah Datar Masuk Nominasi 8 Besar Tingkat Provinsi Sumbar

Tanah Datar, solusi-news.com — Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Tanah Datar berhasil masuk nominasi 8 besar tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Terkait hal tersebut Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Barat turun langsung melakukan penilaian sekaligus klarifikasi lapangan terhadap Forikan Tanah Datar, Jum’at (12/08) di Aula Kantor Dinas Pangan Dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar.

Ketua Tim Penilai Gumilarti, SP mengatakan jika penilaian sekaligus klarifikasi lapangan ini adalah sebagai tindak lanjut dari ekspos Forikan yang telah disampaikan beberapa waktu lalu di Provinsi Sumatera Barat yang kebetulan waktu itu disampaikan Wakil Ketua Forikan Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian.

Dikatakan Gumilarti pada waktu itu terdapat delapan nominator se Provinsi Sumatera Barat, salah satunya Forikan Kabupaten Tanah Datar.

Tujuan penilaian disampaikan Gumilarti sebagai evaluasi sejauh mana pelaksanaan kegiatan forikan, sharing kegiatan di antara kabupaten dan kota dan sebagai ajang motivasi bagi kabupaten dan kota untuk berkreasi meningkatkan kegiatan forikan.

“Yang diharapkan dari kegiatan ini adalah bagaimana ada sebuah capaian yang dituju yaitu peningkatan konsumsi makan ikan di masing-masing daerah, yang mana untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat konsumsi makan ikan sekitar 42 kg per kapita pertahun,” imbuhnya.

Klaster penilaian dikatakan Gumilarti seperti sasaran, keterlibatan mitra dan OPD serta tertib administrasi forikan kabupaten dan kota yang masuk nominasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Suhermen mengatakan Tanah Datar memiliki potensi perikanan yang cukup besar namun yang bergerak pada pengolahan ikan belum banyak.

“Saat ini kelompok perikanan, pokdakan, poklasar dan UMKM kita sudah mulai melakukan pengolahan makanan berbahan dasar ikan, mengingat potensi perikanan kita cukup besar,” ucapnya.

Disampaikan Suhermen, salah satu dari misi Forikan ini adalah disamping budi daya ikan juga bagaimana upaya mengolah berbagai jenis makanan dengan bahan dasar ikan.

Dikatakan Suhermen, terkait kepengurusan yang baru saat ini ditambahkan Kantor Kemenag. Mengingat calon pengantin perlu juga diberikan sosialisasi tentang pentingnya mengkonsumsi ikan bagi pertumbuhan janin saat ibu hamil hingga melahirkan dan pertumbuhannya. (MR)

Leave a comment