Gelaran Festival Patrol Ramadhan Kapolda Cup Th.2024 Resmi Dibuka Oleh Kapolres Batu

 

 

Solusinews.com | Kota Batu – Suasana meriah saat pembukaan Festival Patrol Ramadhan Kapolda Cup TH. 2024 menarik perhatian masyarakat Kota Batu yang berlangsung di Depan Pendopo Walikota Batu. Jl. P.Sudirman Kota Batu.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin hadir Bersama jajaran Forkopimda yaitu Pj. Walikota Batu Bpk. Drs. Aries Agung Peweai, Kajari Kota Batu, Pabung Kodim 0818 Malang Batu Mayor M. Ridwan, Sekda Bpk Zadiem Efisiensi, Ketua KNPI Kota Batu Sdr. Yuniar , Kepala Dinas Pariwisata Bpk. Arief, ketua OPD, Ormas dan segenap tamu undangan Nampak memenuhi panggung kehormatan untuk membuka dan menyaksikan pegelaran tersebut, Minggu (31/3/24).

Festival yang menampilkan alat alat musik patrol tradisional dengan kolaborasi alat musick modern tersebut diikuti oleh kurang lebih 20 peserta dari desa yang ada dikota batu dan 2 peserta dari luar Kota Batu

Makna inti dari kegiatan ini adalah ingin mengajak masyarakat untuk menggiatkan siskamling sebagai salah satu bentuk kearifan lokal dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan .

Dalam sambutanya Kapolres Batu mengatakan permohonan maaf yang sebesar besarnya karena Kapolda Jatim berhalangan hadir untuk membuka acara Festival Patrol Ramadhan Kapolda Cup TH. 2024 karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

“ Semoga dengan ketidak hadiran Kapolda Jatim tidak menyurutkan semangat seluruh peserta dalam mengkuti lomba Festival Patrol Ramadhan Kapolda Cup TH. 2024 ini,” ujarnya.

“Secara umum AKBP Oskar menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat bersama TNI dan Polri dalam menjaga situasi Kota Batu yang aman dan kondusif,” pungkasnya.

“ Siskamling merupakan salah satu wujud kontribusi masyarakat dalam mengawal keamanan dengan bentuk pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat ( Kamtibmas),” kata Kapolres

“Memang kelihatannya ini benar-benar musik rakyat, bagaimana pemerintah dan Kepolisian menanamkan semangat gotong royong yang luar biasa bahwa ini ibaratnya kalau masyarakat keliling-keliling menjaga keamanan lingkungan sambil bermain musik ria, maka para pelaku kejahatan tidak akan beraksi,” Pungkas Oskar.

Sebelumnya disampaikan oleh Ketua KNPI Kota Batu Sdr. Yuniar sebagai ketua Panitia Festival Patrol Ramadhan Kapolda Cup TH. 2024 bahwa perlombaan seperti ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat menyemarakkan ramadhan dengan kegiatan positif, sekaligus bersama-sama membangun keamanan lingkungan melalui siskamling.

“ Sekaligus kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Walikota Batu, Bapak Kapolda Jatim, Kapolres Batu dan segenap pihak yang membantu sampai acara ini terlaksana dengan baik,” kata yuniar

“Melalui musik patrol ini kita bisa melestarikan budaya, melestarikan yang sudah ada sebelumnya. Jadi kalau dilihat musik patrol ini sebenarnya patroli untuk kamtibmas awalnya, namun di kembangkan dengan membangunkan sahur.”

“Membangunkan sahur dengan berbagai macam kreasi, ada yang menggunakan tong, ada yang menggunakan kaleng dan lain sebagainya dan itu akan bervariasi dari setiap wilayah.”

“ Maka dari itu untuk menumbuh kembangkan kecintaan terhadap bulan suci ini maka lomba festival ramadhan ini salah satunya diadakan lomba musik patrol yang diikuti kurang lebih 20 peserta,” pungkasnya

Kemudian acara dibuka secara resmi oleh Kapolres dan Forkopimda kemudian dilanjutkan dengan penampilan para peserta di depan pangung kehormatan setelah diberankatkan dari Perumahan Batu Panorama dan nantinya berakhir di BCA Kota Batu.

 

Reporter : Matnadir

Editor : Admin

Leave a comment