Gunakan Hak Pilih, Hindarkan Pelanggaran Pemilu, Untuk Ciptakan Pemilu Damai Tahun 2024

Solusi-news.com – Pesta Demokrasi akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari tahun 2024, dimana masyarakat yang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) akan segera menggunakan hak pilihnya dibilik suara.

Banyak aturan yang harus ditaati oleh masyarakat sebagai pemilih, salah satunya adalah larangan untuk melakukan pemotretan atau merekam gambar surat suara yang telah dicoblos ketika dibilik suara.

Hal ini memang rentan akan terjadi konflik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena masyarakat pemilih saat ini sudah memiliki handphone (HP) android yang telah dilengkapi dengan kamera atau alat perekam gambar.

Lalu bagaimanakah antisipasi pihak penyelenggara pemilu untuk memperkecil potensi konflik yang akan terejadi di TPS ?

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 yang mengatur tentang Pemilihan Umum (Pemilu) pasal 2, bahwa masyarakat pemilih tidak dibenarkan untuk melakukan pemotretan surat suara saat melakukan pencoblosan di bilik suara.

Ini merupakan salah satu pedoman bagi masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran Pemilu sekecil apapun karena hal ini akan menodai azas Pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mepertegas dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023 pasal 25 huruf E, mengingatkan dan melarang Pemilih Membawa Telpon Genggam dan atau Alat Perekam Gambar ke Bilik Suara.

Dan PKPU Nomor 25 Tahun 2023 Pasal 28 ayat 2 berbunyi Pemilih Tidak Boleh Mendokumentasikan Hak Pilihnya Dibilik Suara.

Dan didalam PKPU Nomor 3 Tahun 2019 pada Pasal 38 Ayat (1) huruf d menegaskan bahwa anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) wajib mengingatkan dan melarang pemilih membawa ponsel ke dalam bilik suara.

Bukan hanya itu, masyarakat pemilih diharapkan dapat dengan tertib dan damai saat menyampaikan hak pilih nya melalui TPS dimana masyarakat tersebut terdaftar sebagai pemilih.

Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 ini, masyarakat pemilih akan menentukan pilihannya mulai dari memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon Anggota Legislatif mulai dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di wilayahnya masing-masing.

Kunci suksesnya penyelenggaraan pemilu ada ditangan masyarakat dengan meminimalkan pelanggaran sehingga tidak menimbulkan konflik di TPS atau tempat-tempat umum lainnya dan masyarakat pemilih diharapkan untuk tidak Golput, Jadilah Pemilih Cerdas yang berkualitas untuk ciptakan Pemilu Damai Tahun 2024.

Jenis Artikel: OPINI

Tema: PEMILU DAMAI

Sub Tema: Ciptakan Pemilu Damai dan Partisipatif

Judul: Gunakan Hak Pilih, Hindarkan Pelanggaran Pemilu, Untuk Ciptakan Pemilu Damai Tahun 2024

Penulis: SY. SOPIAN EFENDI

Alamat: Jl. Letnan Sulik Gang Suka Maju No. 64 RT. 02 Kelurahan Padang Kapuk Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan – Bengkulu

Leave a comment