Kadis Eri Yulian Kenalkan Aplikasi Literasi Digital Sekolah ENUMA dari KOICA

Bengkulu, solusi-news.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu bapak Drs. Eri Yulian Hidayat membuka workshop dalam rangka meningkatkan Literasi, Numerasi dan Bahasa Inggris untuk anak usia dini.

Workshop pendidikan yang dipelopori oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu ini adalah untuk mengenalkan aplikasi literasi digital sekolah ENUMA dari KOICA (Korean International Cooperation Agency) dari Korea Selatan.

“Sekolah Enuma merupakan aplikasi digital inovatif yang dikembangkan dengan tujuan memfasilitasi anak-anak Indonesia dalam mempelajari Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris melalui permainan dengan ribuan aktivitas belajar menyenangkan menggunakan ratusan buku dan video edukatif,” ujar Eri saat membuka workshop, Kamis (21/7).

Dikatakan Kadis, Sekolah Enuma selaras dengan Kurikulum Nasional sampai dengan Kelas 2 tingkat Sekolah Dasar, program Sekolah Enuma diperuntukkan bagi anak usia 4-9 tahun agar dapat menguasai kemampuan-kemampuan dasar dari ketiga mata pelajaran.

“Kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia diawali dengan memperkenalkan alfabet. Kemudian, secara bertahap memberikan anak kemampuan membaca dan menyusun kata, dimulai dari kata sederhana ke kata yang lebih kompleks,” jelasnya.

ket foto : Kadis Eri Yulian Kenalkan Aplikasi Literasi Digital Sekolah ENUMA dari KOICA.-(solusi-news.com)

 

Sementara itu, Zulhanani atau biasa disapa bang Hans beserta Istri sebagai Konsultan Parner Enuma untuk Bengkulu memdapat sambutan hangat dari ratusan peserta workshop. Serta turut hadir dalam acara ini bapak Juli Adrian sebagai direktur Enuma Indonesia.

Workshop ini dirangkai dalam acara Seminar dengan dihadiri para guru-guru TK dan PAUD dari 9 kabupaten dan Kota Bengkulu.

Diharapkan dengan kehadiran aplikasi literasi digital dari Enuma Korea Selatan ini akan dapat membantu meningkatkan literasi digital anak-anak Bengkulu dalam kesehariannya, permainan-permainan dalam modul-modul digital yang disajikan akan membuat anak senang dan gembira dan tampa disadarinya bahwa sejatinya dia adalah sedang belajar.

“Saya optimis akan banyak anak dari berbagai latar belakang yang akan meraih manfaat dari Sekolah Enuma Indonesia, karena imajinasi dan kreativitas adalah hal-hal yang universal dan fundamental untuk memperkaya pengalaman belajar,” ujar Bang Hans.

ket foto : Workshop ini dirangkai dalam acara Seminar dengan dihadiri para guru-guru TK dan PAUD dari 9 kabupaten dan Kota Bengkulu.-(solusi-news.com)

Suasana yang meriah dan penuh semangat yang dibawakan oleh tenaga-tenaga guru ahli dari Enuma dalam pelatihan penggunaan aplikasi literasi digital ini membuat suasana workshop menjadi hidup penuh dengan kehangatan.

Aplikasi Literasi Digital yang dibawakan hanya untuk 3 materi pelajaran saja yaitu : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika dan ini dapat diunduh di playstore secara gratis untuk Bahasa Indonesia. (Adv)

Leave a comment