Kalbar Jadi Tuan Rumah Rapat Koordinasi Pariwisata Nasional Dan Event Festival Cap Go Meh

Pontianak, solusi-new.com – Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Windy Prihastari menyatakan pihaknya mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk menyukseskan Rapat Koordinasi Pariwisata Nasional yang akan dilaksanakan di Kalbar, Februari mendatang.

“Bulan Februari 2024, Provinsi Kalimantan Barat nantinya akan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Pariwisata Nasional dan event Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, sehingga saat ini kami mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk menyukseskannya,” kata Windy, di Pontianak, Minggu.

Dia menjelaskan, salah satu agenda yang disiapkan sebagai rangkaian kegiatan Rakor Pariwisata Nasional tersebut, pihaknya akan melakukan kegiatan Kalimantan Barat Food Festival 2024 yang juga dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-67 Pemprov Kalbar.

“Ini event besar, jadi seluruh kadis pariwisata yang ada di seluruh Indonesia akan datang ke Kalbar dan menghadiri event ini,” ujarnya pula.

Menurutnya, pelaksanaan Food Festival Kalimantan Barat Tahun 2024 ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Jadi ke-67 Pemprov Kalbar yang akan diselenggarakan di halaman Mega Mall pada tanggal 17-25 Februari 2024 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Windy menyampaikan bahwa Kalbar Food Festival ini dilaksanakan pertama kali yang sebelumnya Pontianak Food Festival.

Adapun main event dari kegiatan tersebut, yakni Rekor MURI Sotong Pangkong, Lomba Memasak (Juri Master Chief), Festival Kopi, Pemilihan Duta Kuliner Abang Adek, Stand Up Commedy hingga Festival Kuliner khas Kalbar.

“Kami mengadakan kegiatan ini karena ingin mempromosikan kuliner ekonomi kreatif yang ada di Kalimantan Barat. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kalimantan Barat kemarin mendapatkan urutan ke 6 Pergerakan Kunjungan Wisata Terbanyak se Indonesia, dengan itu jangan kita berhenti untuk bergerak tapi menambah semangat kita agar di tahun 2024 tentunya mendapatkan prestasi yang di atas dari sekarang.

Jadi di dalam Food Festival ini, katanya lagi, bukan hanya mempromosikan subsektor kuliner, tapi ada juga subsektor pertunjukan, atraksi-atraksi dan subsektor lainnya.

Windy yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar ini menambahkan, pada kegiatan Promosi Kalbar Food Festival 2024 nantinya juga akan diadakan pemecahan rekor MURI memangkong sotong.

“Yang paling menarik adalah pemecahan rekor MURI memangkong sotong, kita akan pecahkan rekor MURI memangkong sotong. Siapa yang suka memangkong sotong ayo kita ikut, kemudian membuat lempok dari mengaduk lempok sampai dengan packaging sehingga siap untuk dijual,” katanya pula.

Sumber : Antaranews

Editor : Putri

Leave a comment