Keberhasilan Desa Bagorwetan Dapat Menjadi Inspirasi Bagi Desa

Nganjuk, solusi-news.com – Desa Bagorwetan Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk, berhasil memasuki tahap penilaian lapangan Lomba Desa/Kelurahan Berhasil serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK, Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP), dan Bank Sampah Tingkat Kabupaten Nganjuk.

Keberhasilan tersebut rupanya mendapat sambutan dari Wakil Ketua 1 Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk, Sri Wahyuni Marhaen Djumadi. Di sela-sela kesibukannya, ia menyempatkan waktunya untuk meninjau langsung penilaian lapangan yang dilakukan oleh dewan juri.

Dalam sambutanya, Sri Wahyuni menyampaikan apresiasinya terhadap Tim penggerak PKK Desa Bagorwetan atas keberhasilannya mencapai penilaian tahap kedua.

Ini adalah tahap penilaian kedua setelah sebelumnya dilakukan penilaian tahap satu mengenai profil desa, urai Ibu Yuni Marhaen sapaan akrab Wakil Ketua 1 Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk.

ket foto: Keberhasilan Desa Bagorwetan Dapat Menjadi Inspirasi Bagi Desa.-(solusi-news.com)

Dikatakannya, perlombaan ini dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan perlombaan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, serta kemasyarakatan terhadap kelurahan dengan status berkembang dan cepat berkembang, tambah Ibu Yuni Marhaen.

Di akhir sambutannya, Ibu Yuni Marhaen berharap agar keberhasilan Desa Bagorwetan dapat menjadi inspirasi bagi desa/kelurahan lain untuk semakin inovatif dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Sehingga bisa membawa manfaat bagi masyarakat di lingkungan desa/kelurahan masing-masing, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bagorwetan Sugeng Anto dalam sambutannya menjelaskan bahwa luas wilayah desanya lebih dari 374 hektare, dengan jumlah penduduk lebih dari 3700 jiwa.

Kami memiliki beberapa inovasi unggulan, seperti olahan bawang merah, shuttlecock, dan berbagai inovasi lainnya, urainya.

Dikatakannya, meskipun desa yang dipimpinnya jauh dari pusat kota, namun Desa Bagorwetan membuktikan tidak kalah dengan desa lainnya.

Desa kami mungkin agak jauh dari pusat kota, tetapi kami mampu membuktikan bahwa desa kami tetap layak untuk meraih prestasi, ujar dia.

Lebih lanjut, Sugeng menyampaikan bahwa terpilihnya Desa Bagorwetan sebagai nominator pemenang lomba tak lepas dari sinergitas pemerintahan desa bersama lembaga desa, kader PKK, dan masyarakat.

Masyarakat desa juga memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan untuk menentukan kebijakan pembangunan, lanjut Sugeng.

Sugeng juga menjelaskan bahwa keberhasilannya menembus penilaian lapangan Lomba Desa/Kelurahan Berhasil serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Nganjuk lantaran seluruh elemen desa memiliki tekat yang sama untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Hal itu sesuai dengan visi kami yakni menciptakan Desa Bagorwetan menjadi desa yang mandiri berbasis pertanian dan perdagangan berlandaskan agama untuk mencapai masyarakat yang makmur dan sejahtera, paparnya.

Di akhir sambutannya, pihaknya juga berkomitmen untuk mewujudkan percepatan pembangunan di Desa Bagorwetan.

Selain itu, kami juga berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat secara cepat, efektif, transparan, ramah, dan tertib, pungkas Sugeng Anto.

Reporter : Gendro

Editor : Prasetyo

Leave a comment