Kemenkeu Satu Bengkulu Gelar Bazar UMKM Rangka HORI Ke-76

Bengkulu, solusi-news.com – Memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke 76 pada 30 Oktober 2022 mendatang, Kemenkeu satu Bengkulu menggelar bazar bagi belasan usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan di pelataran kantor Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Bengkulu, Jumat (21/10/2022).

Ket foto : bazar bagi belasan usaha mikro kecil menengah (UMKM).-(solusi-news.com).R

Bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu tersebut Kemenkeu Satu Bengkulu melakukan beberapa rangkaian kolaborasi kegiatan, seperti olahraga bersama dan pemberdayaan UMKM.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Syarwan mengatakan hal ini sebagai rangkaian peringatan Hari Oeang digelar senam sehat dan pembukaan bazar dari UMKM binaan.

“Kami di Kementrian keuangan di berikan tugas juga saat ini untuk melakukan pembinaan UMKM sehingga bisa meningkat, baik dari sisi usahanya sistem permodalan dan pembiayaannya. Bazar selama 3 hari yang di ikuti oleh 19 UMKM dimana 5 UMKM binaan bank Mandiri dan selebihnya dari kita,” ujar Syarwan.

Seperti saat ini yang sedang dikampanyekan pemerintah dalam menggiatkan UMKM untuk pemulihan ekonomi. Ia berharap seluruh rangkaian kegiatan, lomba-lomba yang teragendakan dan keterlibatan UMKM menjadi sinergi dan semangat bersama bagi mereka dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat.

“Hari Oeang tahun ini diperingati dalam suasana yang penuh harapan dalam menghadapi tantangan menuju pemulihan Indonesia. Peringatan Hari Oeang juga merupakan penguat dalam menanamkan nilai-nilai yang dimiliki Kementerian Keuangan, yaitu nilai integritas, sinergi, pelayanan, profesional, dan kesempurnaan,” terang Syarwan.

Dilanjutkan Kakanwil DJPb Provinsi Bengkulu, dengan kolaborasi tentu akan mendukung peningkatan dan meningkatkan pemberdayaan dari UMKM melalui Kemenkeu Satu. Misalnya, Perbankan melalui kredit usaha rakyat (KUR) maupun pembiayaan usaha ultra mikro.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang mendukung UMKM melalui keringanan perpajakan serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) melalui program authorized economic operator (AEO) yang membantu UMKM untuk ekspor lebih cepat. DJPb (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) membantu UMKM dari sisi permodalan. (R)

Leave a comment