Malam Anugerah Pariwisata Sumbar 2022, Tanah Datar Kantongi Tiga Penghargaan

Tanah Datar, solusi-news.com -Pada Malam Anugrah Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2022 di Istana Gubernur Sumatera Barat Selasa, 27 September 2022 Kabupaten Tanah Datar berhasil mengantongi tiga penghargaan sekaligus yaitu Ranking I Daya Tarik Wisata Halal (DTWH) Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 yaitunya kawasan Istano Basa Pagaruyung, Kategori Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Provinsi untuk kawasan Geopark Singkarak Kabupaten Tanah Datar dan Apresiasi Desa Wisata Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022 Tanah Datar meraih rangking II untuk Desa Wisata Batu Bulek.

Untuk DTWH dan DTW, penghargaan diterima Bupati Tanah Eka Putra diwakili oleh Kadisparpora Tanah Datar Hendri Agung.

Sementara Apresiasi Desa Wisata Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022 diterima langsung oleh Wali Nagari Batu Bulek.

“Alhamdulillah kategori Best Achievement adalah kategori daerah yang handal dalam promosi wisata. Tanah Datar bisa Juara II mengalahkan Bukittinggi,” kata Hendri Agung.

Agung juga mengatakan, Anugerah Pariwisata Sumatera Barat dilangsungkan dua tahun sekali, pada tahun 2018 Kabupaten Tanah Datar dapat juara III, kemudian pada 2020 tidak dapat.

“Alhamdulillah pada tahun 2022 naik satu peringkat menjadi Juara II, dan kedepannya akan terus dilakukan perbaikan, baik itu objeknya juga SDM pengelola wisata,” katanya.

Sementara secara terpisah, Bupati Eka Putra yang dihubungi media ini, Jum’at (30/9/2022 mengatakan sangat bersyukur dan mengapresiasi Dinas Parpora Tanah Datar dan Pemerintah Nagari Batu Bulek.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami mengucapakan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Parpora Tanah Datar, Pemerintah Nagari Batu Bulek dan juga seluruh masyarakat Tanah Datar yang telah mendukung dan mengantarkan pariwisata Tanah Datar memperoleh penghargaan dalam Anugerah Pariwisata Sumbar tahun 2022.Semoga kedepannya dapat ditingkatkan lagi, makin banyak pariwisata Tanah Datar yang bisa diekspos dan memiliki nilai jual, juga Nagari, mudah-mudahan ada Nagari-Nagari selanjutnya yang yang mengikuti jejak Nagari Batu Bulek, sehingga ini akan berdampak pada kunjungan wisatawan ke Tanah Datar. Shingga muaranya nanti akan menghasilkan pemasukan untuk PAD kita” tukas Eka Putra.

Terkait dengan Destinasi Wisata di Tanah Datar, Bupati Eka juga menghimbau agar para penggiat wisata meningkatkan pelayanan, keramah-tamahan, kebersihan serta kelengkapan fasilitas khususnya MCK, sehingga wisatawan yang berkunjung merasa puas, merasa nyaman untuk berwisata di Tanah Datar.(MR)

Leave a comment