Masuk 50 Besar ADWI 2022, Inilah Pesona Desa Wisata Belitar Seberang Rejang Lebong

Rejang Lebong, solusinews.click – Desa Wisata Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, masuk deretan 50 desa wisata terbaik di ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Suasana alam yang asri dan sejuk merupakan kelebihan dari letak wilayah Desa Wisata Belitar Seberang, Selain dapat ditemui beberapa air Terjun, Di Desa Wisata Belitar Seberang juga dapat ditemui pemandian air panas alami serta air sungai yang masih jernih yang sangat mendukung pembangunan wisata alam di Desa Wisata Belitar Seberang, yang akan berdampak luas terhadap kemajuan dan pembangunan penduduk Desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Saidirman mengatakan. bahwa saat ini Desa Blitar Seberang sudah masuk kedalam deretan wisata terbaik tentu pihaknya berharap ada peningkatan kunjungan kepada desinasi atau objek wisata di desa tersebut.

“Ada Dua objek Wisata di Desa Belitar Seberang berupa wista alam Air Terjun Tri Muara Karang dan Air Terjun Pemandian Dewa, dan memiliki lokasi yang sangat strategis dalam menjaring pengunjung yang besaral dari daerah Sumatera Selatan dan pengunjung dari daerah lain karena lokasi desa dekat dengan letak bandara maupun stasiun kereta api yang berada di wilayah sumatera selatan,” ujar Saidirman.

Adapun salah satu objek wisata Air terjun Tri Muara Karang memiliki luas lebih kurang 2 Ha, di lokasi ini ada empat buah air terjun dengan ketinggian lebih kurang 40 meter hingga 86 meter. Selanjutnya ada Goa sarang walet dan juga Goa kelelawar/kalong. Objek wisata ini terkesan sangat unik karena memiliki tiga objek wisata dalam satu tempat.

Di desa ini juga pengujung dapat belajar cara gimana mengolah air nira sampai menjadi gula merah langsung dari petaninya. Pengunjung diperbolehkan mempraktekan langsung cara menyadap pohon nira atau ingin mencoba memasak air nira dengan cara tradisioonal. Paket wisata ini juga menyediakan air nira segar dan kopi gula nira.

Pengelolah desa wisata Blitar Seberang juga menyediakan santapan yang bisa dinikmati bersama saat malam, kambing guling. Jika berkunjung ke desa ini saat camping atau bermalam, pengunjung bisa memesan kambing guling dengan pengelolah. Namun harganya tergolong mahal kisaran Rp 1.5 juta per ekor.

Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan, rencananya sampai September 2022 pihaknya sudah selesai mengunjungi ke 50 desa wisata yang telah diumumkan tersebut.

“Nantinya Pak Mentri akan melakukan penilaian dan menyapa langsung masyarakat di 50 desa wisata terpilih dari 34 provinsi tersebut termasuk di Bengkulu khusunya di desa Belitar Seberang,” tutup Saidirman. (R)

Leave a comment