OJK Bengkulu Dorong Desa Wisata Gunakan Pembayaran Digital

Bengkulu, solusi-news.com– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu terus mendorong perluasan transaksi digital disejumlah desa wisata yang ada di daerah. Kehadiran pembayaran non tunai ini dapat memberikan kemudahan pembayaran secara digital di desa wisata. Hingga saat ini masih banyak desa wisata di daerah belum memanfaatkan transaksi digital.

Masyarakat bisa mulai sejak dini mulai melek teknologi meskipun berada di perdesaan. Dengan memanfaatkan teknologi seperti halnya transaksi non-tunai untuk pembelian tiket dan parkir di objek-objek wisata menjadi lebih mudah, transparan dan akuntabel.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Bengkulu Tito Adji Siswantoro menjelaskan pada Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu ini terdapat 4 program diantaranya terkait perluasan digitalisasi di desa wisata, pendirian ​​​Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor), pilot projeknya baru di desa Belitar Seberang, juga kredit melawan rentenir,

“Kita berharap agar pelaku UMKM yang ada di Desa Wisata khususnya dapat mulai mendigitalisasikan usahanya dan mau membuka pembayaran secara online,” ujar Tito Adji, Senin (20/6).

Dijelaskan Tito Adji Siswantoro, semua transaksi keuangan akan bergeser menuju transaksi digital. Oleh sebab itu, OJK berharap desa wisata harus menjadi salah satu pendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi digital.

“Kalau desa wisata mendukung transaksi digital atau transaksi non tunai, maka otomatis masyarakat juga akan memanfaatkannya juga,” tutup Tito, (R)

Leave a comment