Operasi Keselamatan Nala 2024 Satlantas Polres BS Amankan Kendaraan Bermotor Kanlpot Brong

Bengkulu Selatan, Solusi-news.com – Operasi Keselamatan Nala 2024 berakhir, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bengkulu Selatan berhasil mengamankan 53 unit kendaraan Bermotor (ranmor) yang tidak sesuai spesifikasi diantaranya menggunakan knalpot racing atau brong.

“Operasi Keselamatan Nala 2024 dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 Maret 2024 dan berakhir pada tanggal 17 Maret 2024, dan berhasil mengamankan 53 unit ranmor yang tidak sesuai spesifikasinya,”ujar Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir , S.IK didampingi Kasat Lantas beserta jajaran ketika press realase di halaman gedung satlantas polres BS pada hari Jum’at 22 Maret 2024.

Dijelaskannya,Total ada 53 unit sepeda motor yang diamankan selama Operasi Keselamatan Nala tahun ini. Jenis pelanggarannya adalah kendaraan tidak sesuai standar pabrik, menggunakan knalpot racing.

Puluhan sepeda motor knalpot racing paling banyak diamankan di wilayah Kota Manna dan Pasar Manna.

Sepeda motor tersebut terindikasi melakukan balap liar. Namun saat terjaring razia polisi, pengendaranya sedang tidak balap liar.

“Tindakan tegas kami lakukan kepada pengendara atau pemiliki sepeda motor knalpot racing karena suara bisingnya menganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat, apalagi ini sedang bulan Ramadan. Selain itu, motor yang pakai knalpot racing juga terindikasi dipakai untuk balap liar atau kebut-kebutan di jalan raya,”kata Kapolres.

Untuk memberi efek jera, polisi memberi sanksi tegas pemilik sepeda motor knalpot racing. Polisi menerapkan pasal 285 ayat 1 Undang-Undang Lalu Lintas dengan ancaman kurungan 1 bulan atau denda Rp250 ribu.

“Sepeda motor yang diamankan ini dilakukan penegakan hukum melalui jalur pengadilan. Selama proses di pengadilan belum putus, sepeda motor ini tetap ditahan. Tidak ada lobi-lobi untuk mengeluarkan sepeda motor ini. Kami lakukan tindakan tegas untuk memberi efek jera,” tegas Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, selama Operasi Keselamatan Nala, ada 758 pelanggaran. 85 pengendara diberi tindakan tilang manual, 209 pelanggaran ETLE, dan 464 pengendar diberi teguran. Sementara lakalantas terjadi satu TKP dengan kerugian materil Rp50 juta.

Penulis : Sy.Sopian Efendi

Editor : Putri

Leave a comment