Organda Kesal, Kendaraan Roda Dua di Bengkulu Suka Habiskan BBM Subsidi

Bengkulu, solusi-news.com – Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Bengkulu Tarmizi mengungkapkan kekesalannay terhadap pertamina saat rapat pembahasan penerapan penggunaan Aplikasi MyPertamina bagi pengguna BBM subsidi di Provinsi Bengkulu di Ruang Rapat Lantai III Kantor Gubernur.

Tarmizi mengatakan, bahwa dirinya menyuruh tim bahkan diinya turun langsung memantau proses pengisian BBM Pertalite di SPBU Kota Bengkulu, Ia menemukan kendaraan roda dua yang sama selalu bolak balik mengisi BBM jenis Pertalite ini.

Sejauh ini pertalite bersubsidi sangat dibutuhkan masyarakat, bukan hanya untuk kepentingan transportasi, tetapi juga menunjang kegiatan ekonomi, lemahnya pengawasan terhadap kendaraan roda dua harus menjadi catatan.

Pada saat rapat Tarmizi mengungkapkan kepada pihak SPBU ataupun pertamina atau temuannya tersebut dilapangan, dan menyarankan pihak SPBU harus memantau dengan teliti, sehingga BBM subsidi ini nantinya bisa tepat sasaran.

“Pastikan motor-motor itu dipantau, mereka bolak balik membeli pertalite. Roda dua ini yang sebenarnya bisa merusak dan over target,” ujar Tarmizi, Rabu(13/7).

Sementara itu, Sales Area Manager PT Pertamina Bengkulu Lampung, Rustanto mengatakan, subsidi BBM di Indonesia mencapai Rp 520 triliun, sementara Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2022 mencapai kurang lebih Rp 2.500 triliun. Artinya hampir 25 persen APBN dimanfaatkan untuk subsidi.

“Anggaran subsidi untuk BBM cukup besar, tapi anggaran yang telah dialokasi tersebut banyak yang tidak tepat sasaran,” ujar Drestanto.

Lanjutnya, aplikasi MyPertamina saat ini hanya diberlakukan untuk kendaraan roda empat yang mana nantinya mereka ketika mendaftar dan dinyatakan layak sebagai penerima BBM subsidi baik pertalite maupun solar bisa benar-benar terpantau.

Jika penyaluran BBM bersubsidi tidak tepat sasaran, maka harapan dari kebijakan pemerintah tidak akan pernah tercapai. Karena pada pelaksanaan tidak mampu melakukan pengawasan secara baik. (R)

Leave a comment