Panasnya Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Bengkulu, Beli Saja ke Supermarket

Bengkulu, solusinews.click – Masih belum seragamnya harga minyak goreng pada harga Rp 14 ribu per liter di Pasar Tradisional Bengkulu. Saat ini tembus di harga Rp. 19 ribu sampai Rp. 20 ribu per liter kemasan premium. Masyarakat bisa mendapatkan harga termurah dengan membeli di Supermarket .

Mahalnya harga minyak goreng premium ini dipicu stok yang langka di pasaran, ditambah sulitnya mengontrol harga dari para pedagang pasar yang kerap kali menaikan harga tinggi dengan alasan stok langka. Para pedagang di Pasar Panorama tak jarang menawarkan harga di atas Rp. 19 ribu per liternya.

Mengingat modal minyak goreng kemasan yang diambil dari distributor sekitar Rp. 18 ribu hingga Rp. 19 ribu per liter sehingga para pedagang menjual dengan harga Rp. 20 ribu per liter.

Sedangkan untuk harga di supermarket maupun swalayan telah menyesuaikan dengan aturan pemerintah dan tidak boleh melebihi di atas harga eceran tertinggi (HET). Kedati demikian masyarakat hanya diperbolehkan mendapatkan stok minyak goreng 2 liter per orang di tiap-tiap supermarket.

Seperti di toko swalayan Fres Kapuas Kota Bengkulu salah seorang pegawainya mengatakan bahwa stok minyak goreng premium dalam seminggu terakhir masih banyak, tiap orang dibatasi pembelian 2 liter saja. Stok minyak goreng di toko tersebut masih cukup dalam beberapa minggu kedepan dan tidak diperbolehkan ada masyarakat yang membeli dalam sekala besar.

“Stok masih banyak, cuman boleh 2 liter saja satu orang jadi pembeli yang datang dihari biasa pun jangan takut kehabisan,” jelas Yuli pegawai toko.

Masyarakat sangat kesulitan mendapatkan minyak goreng dengan harga yang murah, padahal di setiap supermarket stoknya masih banyak dengan harga yang murah tetapi masyarakat lebih memilih untuk mencari minyak goreng di pasar. (R)

Leave a comment