Panen Ikan Lele Sistem Bioflok , Agar Petani Ikan Jangan Berada Di Tingkat Rendah Hasil Budidaya

Nganjuk, solusi-news.com – Kamis ( 28/07/22) Panen perdana ikan lele kolam bioflok di Pokdatan Putra Tanjung, Dsn Pojok Ds Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot dilakukan Guntur Sasono bersama Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi. Kolam Bioflok ini merupakan program dari Kementrian perikanan dan kelautan yang diterima oleh kelompok tani ternak yang diketuai oleh Nur Kholik.

Tampak Hadir di acara ini Drs Guntur Sasono MSi dan Ibu Retno,Plt Bupati Nganjuk Kang Marhaen, Kadisperta Yudianto, Forkopimcam Ngronggot, pejabat Balai Karangasem, paguyupan mina Ngronggot dan para undangan.

ket foto : ampak Hadir di acara ini Drs Guntur Sasono MSi dan Ibu Retno,Plt Bupati Nganjuk Kang Marhaen, Kadisperta Yudianto, Forkopimcam Ngronggot, pejabat Balai Karangasem, paguyupan mina Ngronggot dan para undangan.-(solusi-news.com)

Ketua Pokdakan, Nur Kholik menyampaikan terima kasih kepada Guntur Sasono sebagai anggota DPRRI dari partai Demokrat yang sudah mewujudkan keinginn kelompok berupa bantuan program budidaya ikan lele dengan sistem bioflok. Dan juga kepada Mbah Kyai Tanjung ( KH MOH. Dzoharul Arifin yang juga Pimpinan dari Pondok Modern POMOSDA ) yang selalu mendampingi dan mensupport sehingga kami semakin bersemangat untuk budidaya ikan. Harapannya kedepan di Kabupaten Nganjuk ini bisa mendapatkan seperti ini lagi di kelompok yang lain.

Guntur Sasono dalam sambutannya menyampaikan perasaan bangganya karena program aspirasi yang di berikannya di lakukan dengan baik oleh Pokdakan.

,” 4 hari ini saya keliling Bimtek. Saya selalu menekankan dan berharap, berkeinginan agar petani jangan berada di derajat rendah. Tapi dengan program pemerintah bisa naik ke derajat yang lebih tinggi terutama dalam perekonomiannya. Dalam Bimtek yang saya lakukan, ada 4 hal yang bisa saya ambil. Yaitu pertama, Komunikatif untuk saling asah, asih dan asuh. Kedua, Kritis atau jangan hanya puas dengan prinaip ‘ nerimo ing pandum’. Ketiga adalah Kreatif dan keempat adalah kompetatif” ujarnya.

“Pemerintah selalu berusaha membantu masyarakat seperti misalnya dari DAS ( daerah aliran sungai) memberi kesempatan kepada masyarakat Nganjuk bila butuh tanaman kayu asal dirawat dengan baik maka DAS akan memberikan.

Ini semua adalah hasil saya ” mbengok2″ ke kementrian dan Dirjen. Seperti program Bioflok ini hasil ‘ mbengok’ di KKP ( kementrian kelautan dan perikanan). Selama ini yg tersentuh hanya yang di pinggiran laut. Padahal Nganjuk tidak punya laut. Akhirnya diberi kolam Bioflok ini. Dan tahun depan ada 12 unit program seperti ini ,” pungkas Guntur Sasono.

ket foto : Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi juga mengapresiasi keberhasilan Pokdakan Putra Tanjung yang sudah melaksanakan dengan baik program yang diterimanya.-(solusi-news.com)

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi juga mengapresiasi keberhasilan Pokdakan Putra Tanjung yang sudah melaksanakan dengan baik program yang diterimanya. Dan mewakili pemerintah kabupaten Nganjuk menyampaikan terima kasih kepada semua yang sudah mendukung Nganjuk Bangkit melalui program pemerintah yang di berikan untuk masyarakat.

,” Memang sekarang harus di dengungkan, jangan lama lama jadi karyawan, tapi segera jadi pengusaha bukan hanya sektor pertanian tapi sektor perikanan khususnya. Di Tanjung kalang ini banyak orang besar dan sukses di Jakarta. Karena itu sudah sepantasnya juga Tanjung kalang ini memang tanahnya adalah tanah kemenangan/ tanah anjukladang. Karena itu setiap program pemerintah untuk masyarakat Nganjuk, mari kita kerjakan dengan baik. Agar memberi manfaat untuk kesejahteraan rakyat ,”  kata Kang Marhaen.

Acara dilanjutkan dengan PakGuntur Sasono dan Ibu bersama Kang Marhaen giat panen lele perdana secara simbolis dari kolam bioflok. Ada 6 kolam lele program Bioflok yang setiap kolam berisi 4000 ekor ikan.

Leave a comment