Pemerintah Kota Bengkulu Rencanakan 2 Kapal Banawa Beroperasi di Bulan Maret

Bengkulu, solusi-news.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Perhubungan di awal tahun 2022 berencana melakukan pengelolaan kapal pelayaran rakyat KM Banawa Nusantara 96 dan 130 yang merupakan pemberian dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di tahun 2019 dan 2020.

ket foto : Perencanaan pengelolaan tersebut diawali dengan melakukan rapat koordinasi (Rakor) yang dipimpin Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Kadishub Hendri Kurniawan bersama Kabag Pemerintahan Setda Kota Rakhmat Novar.-(solusi-news.com)

Perencanaan pengelolaan tersebut diawali dengan melakukan rapat koordinasi (Rakor) yang dipimpin Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Kadishub Hendri Kurniawan bersama Kabag Pemerintahan Setda Kota Rakhmat Novar, Kabag Ekonomi Dadi Hartono, perwakilan Bapenda, perwakilan Bagian Hukum yang berlangsung di ruang rapat Dishub, Rabu (19/1/2022).

ket foto : Perencanaan pengelolaan tersebut diawali dengan melakukan rapat koordinasi (Rakor) yang dipimpin Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Kadishub Hendri Kurniawan bersama Kabag Pemerintahan Setda Kota Rakhmat Novar.-(solusi-news.com)

Pada kesempatan ini, Dedy mengatakan, semua pihak memberi masukan terkait pengelolaan kapal dan ia ingin pengelolaan dipercepat dan bisa difungsikan paling lambat bulan Maret.

“Kita punya kapal yang cukup baik ada 2, ini bantuan dari Kementerian Perhubungan. Disini kita ingin memaksimalkan ini, kemarin rencananya satu stanby di kota tuo, tapi akses masuk muara disana tidak memungkinkan. Untuk itu kami sedang berfikir apakah akan dikelola pihak ke-3 atau kelola sendiri tapi akan ada kos. Karena sayang sekali kalau tidak dikelola, target kita februari atau maret sudah ada action,” jelas Dedy.

Sementara di Mei 2021, Dua unit kapal tersebut belum bisa dioperasikan atau dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Bengkulu. Apa sebab? berdasarkan keterangan Kadis Perhubungan Hendri Kurniawan melalui Kabid Pengendalian Operasional dan Transportasi, Irwansyah karena regulasi hukumnya belum ada.

ket foto : keterangan Kadis Perhubungan Hendri Kurniawan melalui Kabid Pengendalian Operasional dan Transportasi, Irwansyah karena regulasi hukumnya belum ada.-(solusi-news.com)

Regulasi hukum yang dimaksud dalam hal ini adalah peraturan walikota (perwal). Hingga kini, kata Irwansyah perwal tersebut masih berproses.

“Perwalnya kan sudah digodok dan informasi terakhir yang saya terima masih berproses di bagian hukum. Nanti juga perlu dievaluasi oleh provinsi sebelum ditandatangani atau disahkan oleh walikota,” jelas Irwansyah.

Dikatakan Irwansyah, pihaknya (Dishub Kota) hanya tinggal menunggu menyiapan regulasi untuk memfungsikan kapal pelra tersebut. Setelah perwalnya ada nanti, ada kemungkinan kapal tersebut akan dipihak ketigakan alias dikelola oleh pihak ketiga atau bisa juga dikelola sendiri oleh Dishub Kota Bengkulu sesuai dengan regulasi yang mengaturnya.

Leave a comment