Penilaian ADWI, Sandiaga Uno Berencana Menginap di Pariangan

Tanah Datar, solusi-news.com – Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar masuk dalam kategori 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Penilaian ADWI di Nagari Pariangan rencananya akan dilakukan pada Rabu (06/07) mendatang dan rencananya Selasa (06/07) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan menginap di salah satu Homsestay di Nagari Pariangan.

Terkait hal tersebut, Bupati Tanah Datar Eka Putra menginstruksikan seluruh OPD untuk turun tangan membantu Nagari Pariangan dalam rangka penilaian ADWI dan rencana Menteri Pariwisata Sandiaga Uno menginap di lokasi tersebut.

“Ayo seluruh OPD, pihak Kecamatan, Wali Nagari, serta masyarakat kita siapkan semaksimal mungkin. Kehormatan bagi kita, pak Menteri memilih Pariangan sebagai tempat menginap, mari kita sambut dan berikan pelayanan terbaik,” kata Eka Putra, Minggu (3/7/2022).

Menurut Eka Putra, sejak ditetapkan masuk 50 besar ADWI, seluruh elemen terus memantau dan membantu Pokdarwis untuk semakin siap dalam penilaian. Mulai dari Dinas Kabupaten, Dinas Provinsi, hingga pegiat wisata di Tanah Datar dan Sumbar.

“Sejatinya, Pariangan itu sudah sangat siap dinilai. Alamnya sudah tidak perlu disulap, budayanya sangat kuat, kesenian tradisional banyak, Pokdarwis sudah bekerja dan sudah ada paket-paket wisata selama ini, industri ekonomi kreatif berupa Batik Pariangan, Batik Ampas Kopi, pembuatan alat musik tradisional dan senjata juga ada” kata Eka lagi.

“Jadi PR kita mempercantik Pariangan saja lagi. Ibarat anak gadis, sehari-hari sudah eksotis. Ketika akan baralek, dilulur dulu, dirias dulu, dipakaikan baju yang bagus. Kita harus siapkan juga dekorasi tempat, serta makan minum untuk tamu. Ini yang jadi PR kita semua,” tegas Eka.

“Sekali lagi saya ingatkan, tolong cek toilet, pastikan bersih dan airnya lancar. Kita brandnya desa terindah didunia, jangan sampai orang sedang berada di desa terindah dunia namun saat kebelet masuk toilet tidak ada airnya,” imbuh Eka.

Sebelumnya melalui Rapat Virtual Teknis Desa Wisata, Menparekraf Sandiaga Uno mengucapkan selamat kepada perwakilan yang masuk 50 besar ADWI yang tersebar di 34 provinsi. ADWI merupakan apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

ADWI juga mendukung Pemerintah Daerah berkomitmen mengembangkan desa wisata guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.(MR)

Leave a comment