Penyaluran BLT Desa Batembat Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun 2022 

Nganjuk, solusi-news.com – Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2022 di bulan Oktober dilaksanakan di Balai Desa Batembat Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk pada hari Jumat (14/10/2022)sekitar pukul 09.00 WIB.

Pemerintah Desa Batembat telah menyalurkan BLT DD bulan Oktober Tahun 2022 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dimana setiap KPM berhak menerima bantuan sebesar Rp 300.000,- perbulannya.

Kegiatan penyaluran BLT DD di bulan Oktober ini berjalan dengan lancar dan tertib serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Harapan Kepala Desa Batembat Kecamatan Pace Nganjuk Ali Mahfud agar para penerima BLT DD dapat menggunakan bantuan ini untuk keperluan dan kebutuhan pokok yang harus diutamakan.

Menyoal tentang Bantuan Langsung Tunai (BLT)DD pada tahun 2022 yang sebesar Rp 300.00,- perbulannya selama jangka waktu 1 tahun kepada KPM sudah melalui Musyawarah Khusus Validasi dan Penetapan Data KK calon Penerima BLT DD dan BLT kabupaten telah di putuskan dan di tetapkan bersama sama dengan melakukan seleksi dan perangkaian calon penerima pada masing-masing Banjar dan sesuai kriteria berdasarkan Instruksi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 109/PMK.07/2021 dimana Dana Desa yang di terima sebanyak 40% minimal di gunakan untuk Penyaluran BLT DD dengan memenuhi kriteria.

ket foto : Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2022 di bulan Oktober.-(solusi-news.com)

Adapun kriteria untuk Penyaluran BLT DD antara lain,keluaraga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa setempat dan di prioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem, kehilangan mata pencarian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis, keluarga miskin Penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan atau dari APBN, keluarga miskin yang terdampak pendemi Covid 19 dan belum menerima bantuan,atau rumah tangga dengan anggota rumah tangga lanjut usia.

Sedangkan di Desa Batembat Kecamatan Pace Nganjuk sudah penyaluran 10 kali BLT DD,dan bulan Oktober ini bantuan yang ke sepuluh,jelas Kades Batembat Pace.

Leave a comment