Pesona Desa Wisata Air Tenan Kabupaten Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan,solusinews.com – Air Tenan Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, memiliki sejumlah potensi wisata berupa Air Terjun Bidadari, Arung Jeram, ATK( Air Tenam Kopi), Kebun Durian, Gua Batu, Pohon Asuh dan masih banyak lagi yang lainnya. Desa wisata ini dinilai potensial untuk dikembangkan bagi kebangkitan pariwisata, ekonomi, dan terbukanya lapangan kerja.

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno telah menetapkan sebanyak 50 desa wisata terbaik se Indonesia untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa Wisata Air Tenan pun ikut didafarkan, namun sayang belum mampu untuk masuk kedalam 50 besar desa wisata terbaik se Indonesia mewakili Provinsi Bengkulu.

Terdapat sejumlah potensi wisata yang dapat dijangkau hanya berjalan kaki selama 15 menit dari desa yakni tiga buah air terjun, batu goa dan habitat anggrek maacan atau anggrek raksasa khas hutan Sumatera.

Desa wisata Air Tenam menjadi tujuan petualangan, terutama untuk menuju objek wisata goa batu, wisatawan atau pun pengunjung dapat berjalan kurang lebih 3 jam dari Desa Air Tenam. Goa ini mempunyai 9 buah lobang dan menawarkan khas goa gelap dan pengapnya yang sangat eksotis. Jika ingin menjelajahi goa ini, pengunjung bisa menyewa pemandu, yang mana pemandu berasal dari warga Desa Air Tenam sendiri.

Sementara itu, Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Provinsi Bengkulu, Suimi Fales,SH.MH mengatakan berharap potensi wisata yang ada di Desa Air Tenam ke depan dapat memberikan kemajuan bagi warga desa maupun untuk Kota Manna sendiri serta dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan mengurangi ketergantungan terhadap hutan.

“Terkait kelayakan desa wisata ada beberapa kriteria yang harus dimiliki di desa tersebut, yaitu memiliki potensi berupa alam, kreativitas, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sudah berkembang di desa itu sendiri, memiliki lembaga pengelola, tempat parkir, toilet, dan masyarakat membuat sovenir,” jelasnya. (R)

Leave a comment