Potensi PAD Belum Dapat Dipungut Oleh Pemkab Seluma

Seluma,solusi-news.com – Pemkab Seluma hingga saat ini belum memiliki peraturan daerah (Perda) yang akan menjadi dasar pemungutan retribusi pariwisata ini. Imbasnya potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor ini belum dapat dipungut oleh Pemkab Seluma. Kabag Hukum Setda Seluma, Nurfadliyah membenarkan hal ini.

“Iya, kita belum ada Perda ini. Jadi retribusi pariwisata ini belum dapat dipungut untuk PAD,” terang Nurfadliyah, di ruang kerjanya (4/2/2022).

Untuk saat ini ujar Nurfadliyah, hanya di bisa dipungut pajak dan retribusi parkir. Pajak dan retribusi parkir inipun ada dua bentuk, pajak parkir tempat usaha dan retribusi parkir jalan umum.

“Untuk sementara sebelum ada Perda hanya dua item inilah yang dapat kita pungut. Kalau untuk retribusi wisatanya belum dapat kita jadikan sumber PAD sebelum Perda Retribusi rekreasi dan olahraga ada,” beber Kabag Hukum.

Selain parkir ujar Nurfadliyah, di objek wisata juga bisa dapat dipungut retribusi sampah. Ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Semua sampah yang ada di lokasi wisata adalah tanggung jawab DLH, mengambil dan membuangnya ke TPA.

Kabag Hukum meminta Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) untuk segera mengusulkan draf Perda Retribusi Rekreasi dan Olahraga. Agar dapat segera diajukan dan dibahas bersama legislatif.

“Segera usulkan draf Perda ini. Kami siap memprosesnya hingga nantinya menjadi Perda,” sampai Nurfadliyah.

Leave a comment