Program Prakarsa Infrastruktur Hijau Indonesia Jerman, Untuk Penyediaan Akses Air Bersih Bagi Masyarakat Malang Selatan

 

Solusinews.com | MALANG – Komitmen Pemerintah Kabupaten Malang untuk mengurai permasalahan pada beberapa wilayah Kecamatan Rawan Air, sedikiti demi sedikit telah menemukan solusi, agar masyarakat di Malang Selatan segera mendapatkan akses air minum yang layak bagi kebutuhan sehari-hari.

Perumda Tirta Kanjuruhan, menjadi salah satu BUMD Air Minum yang saat ini telah direncanakan untuk mendapatkan bantuan pembangunan/pengembangan SPAM melalui Program Green Infrastructure Initiative (GII)/ Prakarsa Infrastruktur Hijau Indonesia-Jerman. Program yang ditangani oleh Kementerian PUPR ini telah menetapkan Perumda Tirta Kanjuruhan untuk dapat mengembangkan SPAM guna pemenuhan air bersih di beberapa wilayah Rawan Air.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, telah disiapkan rencana untuk Pembangunan SPAM Sumber Dieng, yang berada di Desa Sukorejo Kecamatan Gondanglegi. Dengan debit yang akan dimanfaatkan sebesar 240 liter/detik, makan direncanakan akan memenuhi kebutuhan air bersih bagi 23.931 SR, yang berada pada pada 5 (lima) Kecamatan yaitu : Pagelaran, Bantur, Pagak, Kalipare dan Donomulyo.

Dan untuk memastikan kesiapan Perumda Tirta Kanjuruhan dalam rangka merealisasikan program Prakarsa Infrastruktur Hijau Indonesia-Jerman tersebut, maka pada tanggal 6 Pebruari 2024, telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi yang dilaksanakan oleh Tim dari Kementrian PUPR, BPPW Jawa Timur, Perwakilian Kfw Jerman, serta Dinas terkait. Acara diawali dengan paparan dan diskusi di Aula Perumda Tirta Kanjuruhan, yang dilanjutkan dengan peninjauan di lapangan.

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang , H. Syamsul Hadi S.Sos, MM, mengatakan “ bahwa kunjungan team monitoring dan evaluasi Green Infrastructure Initiative ( GII) ini adalah bentuk kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jerman dalam rangka pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum bagi warga Malang Selatan di Kabupaten Malang” ujarnya.

Dan kegiatan Monev yang dilaksanakan, untuk melihat perencanaan yang telah dibuat, dan kesesuaian spesifikasi teknik, serta memastikan seluruh data telah lengkap.

 

Reporter : Selly

Editor : Admin

Leave a comment