Resmikan Festival Talago Kamba, Bupati Eka Putra Lepaskan 5 Ekor Balam

Tanah Datar,solusi-news.com– Masih dalam rangkaian pelaksanaan Program Unggulan (Progul) Kabupaten Tanah Datar, yaitu Satu Nagari, Satu Event, Bupati Tanah Datar Eka Putra membuka secara resmi  Talago Kamba Festival, Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (13/08). Talago Kamba Festival ini merupakan Progul Satu Nagari, Satu Event yang ke 4 kalinya dibuka oleh Bupati Eka Putra.

Pembukaan secara resmi ditandai dengan Pelepasan 5 Ekor Balam, dimana 5 Ekor Balam tersebut menandakan 5 Suku yang ada di Nagari Tabek Patah yaitu Suku Bodi Caniago, Koto Piliang, Kutianyi, Dalimo dan Melayu Mandahiling. Pelepasan 5 ekor Balam  dilakukan oleh Bupati Tanah Datar didampingi Ketua TP PKK Tanah Datar  Ny. Lise Eka Putra beserta Forkopimda.

Sebelumya, sambutan Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada masyarakat dan Pemerintah Nagari Tabek Patah, Panitia, Pokdarwis  dan juga Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari yang merupakan anak Nagari Tabek Patah,  yang telah bersinergi melaksanakan acara festival dengan sangat baik, meriah dan konsep yang luar biasa hanya dalam waktu ± satu bulan.

‘’Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat, Pemerintah  Nagari Tabek Patah yang telah berhasil mengangkat  kearifan anak Nagari dalam Event Talago Kamba Festival ini.  Alhamdulillah di lokasi ini juga sudah ada wahana bermain bagi anak-anak. Ini konsepnya sangat luar biasa, mengingatkan kita pada tempo dulu tetapi tidak meninggalkan modernisasi’’ jelas Eka Putra.

Eka Putra juga jelaskan konsep Satu Nagari Satu Event, selain untuk mengembalikan tradisi-tradisi daerah yang telah lama hilang juga untuk meningkatkan UMKM di Tanah Datar. ‘’Sebagaimana kita lihat di sana ada tempat Stand untuk UMKM. Tentunya kami mendoakan semoga Event Talago Kamba Festival ini juga dapat terlaksana dengan sukses’’ imbuhnya.

Lebih lanjut Eka katakan, berdasarkan laporan dari pelaksanaan Satu Nagari, Satu Event selama  3 kali terjadi perputaran uang lebih kurang sekitar 2 milyar, dengan jumlah pengunjung 26.000 orang.

Eka Putra berharap dalam Event Talago Kembar Festival yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu Sabtu (13-14/08) dapat mendatangkan lebih banyak lagi pengunjung, tidak hanya dari  Tabek Patah, tetapi dari seluruh Kabupaten Tanah Datar, juga dari Kabupaten-Kabupaten tetangga.

Selaku Tuan Rumah, Wali Nagari Tabek Patah Krisman Dt. Rajo Nan Kayo menyampaikan bahwa Nagari Tabek patah memiliki potensi pariwisata yang indah, diantaranya Panorama Tabek Patah, Talago Aia Pakih dan Talago Aia Taganang.

‘’Selaku Pemerintah Nagari, kami turut mendukung  Program Pemerintah Daerah, salah satunya dengan menggelar Talago Kamba Festival ini. Kita berharap dengan adanya Festival ini dapat meningkatkan pariwisata Tanah Datar dan juga UMKM, sehingga mendatangkan incame untuk Nagari dan Daerah’’ ungkap Krisman Dt. Rajo Nan Kayo.

Krisman berharap dengan adanya Festival yang menampilkan Adat Salingka Nagari ini dapat melestarikan nilai-nilai budaya Minangkabau kedepannya.

Krisman Dt. Rajo Nan Kayo juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar beserta rombongan yang telah hadir meresmikan dimulainya Talago Kamba Festival di Nagari Tabek Patah. Talago Kamba Festival kali  ini dimeriahkan  1.000 kain panjang dan Katidiang yang berisi padi yang dibawakan oleh Ibu-Ibu Bundo Kanduang. Selain itu juga akan ditampil berbagai kesenian daerah oleh anak Nagari Tabek Patah.

Selesai pambukaan Bupati Eka Putra beserta rombongan disuguhkan minuman khas Taek Patah yaitu Kawa Daun dengan hidangan Ketan dan Gorengan. Selanjutnya Bupati beserta Rombongan mengunjungi Stan UMKM yang ada di lokasi  festival.

Acara pembukaan dihadiri oleh Dandim 0307 Tanah Datar beserta ibu, Kapolres Tanah Datar AKBP Rully Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si, Asisten II Tanah Datar, Kepala OPD, Perwakilan Inspektorat, Camat, Wali Nagari serta undangan lainnya. (MR)

Leave a comment