Sukses Panen Padi MT-ll di Lahan Ratusan hektar, Petani Lebong Catat Sejarah

Lebong, solusi-news.com – Mitos yang berkembang di Kabupaten Lebong terbantahkan. Selama ini tertanam stigma negatif bahwa di Kabupaten Lebong tidak bisa tanam padi 2 kali dalam setahun, jika dipaksakan maka tidak akan bertahan hingga panen karena akan diserang hama tikus yang begitu dahsyat dan di luar nalar. Tapi rupanya hal itu hanyalah mitos belaka yang dipelihara oleh orang-orang pemalas yang selalu pasrah dengan keadaan. Terbukti  warga Desa Talang Liak II, Kecamatan Bingin Kuning, sukses panen musim tanam ke-II (MT-II) tahun 2022. Ratusan hektar sawah masyarakat setempat tampak subur dan menguning menandakan siap panen.

Ket foto : Sukses Panen Padi MT-ll di Lahan Ratusan hektar.-(solusi-news.com).HA

Menyambut kebahagiaan tersebut, Bupati Lebong, Kopli Ansori, bersama unsur Forkompimda dan jajaran OPD turun ke sawah dan ikut memeriahkan pesta panen di desa yang dipimpin oleh Afrildo itu. Dalam sambutannya, bupati mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Desa Talang Liak II yang sudah mendukung program MT-II yang sedang diperjuangkannya itu. Dia juga menyebut, Desa Talang Liak II merupakan desa dengan hamparan terluas yang turun serentak MT-II tahun ini dan terbukti berhasil. Semua itu diakuinya tidak mungkin terwujud tanpa adanya dukungan dari pemerintah desa.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Pemerintah Desa Talang Liak II yang mampu menggerakkan masyarakatnya secara massal dan serentak sehingga memecahkan rekor panen terbanyak tahun ini,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu bupati kembali mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat petani yang ada di Kabupaten Lebong agar membuang jauh-jauh mitos yang berkembang selama ini. Bupati memastikan mitos itu tidak benar dan sudah terbantahkan. Sebelum di Talang Liak II, beberapa wilayah juga sudah mencoba dan terbukti berhasil.

Ket foto : Desa Talang Liak II merupakan desa dengan hamparan terluas yang turun serentak MT-II tahun ini dan terbukti berhasil.-(solusi-news.com).HA

“Sebelum di sini di wilayah lain juga sudah mencoba dan semuanya berhasil, seperti di Kecamatan Uram Jaya, Lebong Tengah, Lebong Sakti dan Lebong Selatan. Dari situ bisa kita simpulkan bahwa tanam 2 kali setahun bisa jika kita mau,” sampainya.

Menurut bupati, salah satu cara agar hidup sejahtera adalah dengan berpenghasilan banyak.  Sementara di Kabupaten Lebong masyarakat sudah mempunyai aset berupa hamparan sawah yang luas yang jika dikelola dengan baik akan menghasilkan uang yang banyak.

“Kalau mau sejahtera kita harus berubah, mari bersama kita bergerak dan buang jauh-jauh sifat pesimis dan jangan jadi pemalas. Pemerintah akan selalu hadir dan siap mendukung untuk menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” pungkasnya. (HA)

Leave a comment