Tanggap Bencana Gempa Pasaman Barat, Bupati Eka Putra Terjunkan 20 Personil Gabungan

Tanah Datar, solusi-news.com – Jum’at (25/2/2022), Sumatera Barat diguncang gempa, yang berdasarkan informasi dari BMKG, gempa tersebut berpusat di Kabupaten Pasaman Barat.

Gempa yang terjadi 2 kali yaitu magnitudo 5,2 berlokasi 0.14 LU 99.99 BT Timur Laut Pasaman Barat kedalaman 10 KM, hingga dirasakan daerah Pasaman dan daerah tetangga lainnya, seperti Bukittinggi dan Tanah Datar, kemudian disusul berkekuatan 6,2 SR yang berpusat di 0.15 LU, 99.98 BT kedalaman 17 Kilometer (KM) Timur Laut Pasaman Barat telah merobohkan beberapa bangunan serta menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Tanggap bencana tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar langsung menurunkan personil gabungan yang terdiri dari BPBD Tanah Datar, Dinas Sosial PPPA Tanah Datar, PMI Tanah Datar dan Baznas Tanah Datar guna membantu penanganan akibat terjadinya bencana gempa. Rombongan dilepas langsung oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE, MM di Indo Jolito Batusangkar ba’da shalat Jum’at.

Bupati Eka mengatakan diturunkannya personil gabungan dari Tanah Datar untuk meringankan ujian yang sedang dialami masyarakat Pasaman Barat.

“Hari ini terjadi bencana Gempa yang menimpa saudara kita di Pasaman Barat. Ini menjadi duka kita bersama, kita patut membantu untuk meringankannya,” ujar Bupati Eka.

Bupati Eka berpesan kepada personil gabungan untuk selalu menjalin koordinasi yang baik ke petugas tempatan maupun pemerintah Tanah Datar.

“Semoga doa masyarakat Tanah Datar mengiringi tugas kemanusiaan yang kita emban ini. Harapan kita, berangkat dengan sehat kembali sehat, tetap jalin koordinasi, kekompakan, waspada dan disiplin,”harap Bupati Eka.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanah Datar Thamrin melaporkan personil gabungan akan beroperasi di lokasi bencana gempa selama dua hari, jika keadaan masih belum kondusif, akan diperpanjang dengan menarik personil lama menggantinya personil baru.

Adapun Personil Gabungan yang diturunkan terdiri dari BPBD Tanah Datar sebanyak 8 orang, Dinas Sosial PPPA Tanah Datar 5 orang, PMI Tanah Datar 5 orang dan Baznas Tanah Datar 2 orang , dengan fasilitas Dapur Darurat, Ambulan dan armada pendukung lainnya. (MR)

Leave a comment