Terkait Penghapusan Tenaga Honorer Oleh Kemenpan-RB, Pemkab BS Pastikan Tenaga Honorer Tetap Dibutuhkan

Bengkulu Selatan,solusi-news.com – Terkait soal penghapusan tenaga honorer oleh Kemenpan-RB yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang. Kalau rencana ini benar-benar terjadi, maka ribuan tenaga honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan terancam menjadi pengangguran.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Sekretaris daerah Sukarni Dunip SP mengatakan, bahwa tenaga Non-ASN yang diluar PPPK masih akan tetap dibutuhkan.

“Penataan, bukan dihapuskan. Hanya saja namanya bukan lagi honorer, tapi adidaya,” jelas Sekda Bengkulu Selatan Sukarni Dunip kepada media ini saat dihubungi, Rabu (08/06/2022).

Mengingat sulitnya suatu lapangan pekerjaan lanjut Sekda, sehingga pemerintah daerah Bengkulu Selatan dipastikan masih akan tetap mengangkat tenaga honorer.

“Seperti, tukang sapu jalan, cleaning service, supir dan tenaga lainnya masih tetap dibutuhkan,” ujarnya

Hanya saja sistem perekrutannya berbeda dengan sebelumnya, yakni akan dilakukan secara Outsourcing yang akan dikelola oleh pihak ketiga (vendor).

“Pola rekrutmennya nantinya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga honorer itu sendiri. Sehingga diharapkan para honorer ini akan mendapat penghasilan yang lebih layak,” demikian Sukarni Dunip. (adv)

Leave a comment