Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi : Progul Tanah Datar Sungguh Luar Biasa

Tanah Datar, solusi-news.com –  Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia (Wamentan RI)  Harvick Hasnul Qolbi  mengatakan bahwa Program Unggulan  (Progul) yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar di bawah pimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian sungguh luar biasa.

Hal itu disampaikannya pada saat melaunching Asuransi Usaha Tanam Padi  (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) di Indojolito Batusangkar, Sabtu (13/8/2022).

Wamentan mengaku kehabisan kata-kata saat menanggapi paparan Progul yang disampaikan Bupati Eka Putra. “Luar biasa, Saya seperti kehabisan kata-kata terhadap apa yang disampaikan Pak Bupati, bagaimana perhatian Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinannya terhadap sektor pertanian,” ujarnya.

Namun, tambah Harvick, yang harus menjadi perhatian juga Pemerintah Daerah adalah hilirisasi hasil pertanian serta strategi pemasarannya.

“Hasil pertanian di Tanah Datar tentunya harus memiliki hilirisasi atau strategi meningkatkan nilai tambah komoditas dan juga strategi pemasaran yang baik, sehingga masyarakat tidak sulit memasarkan hasil panennya. Karena itulah Kementan juga mendorong hadirnya UMKM yang tangguh untuk turut memasarkan produk pertanian,” ungkapnya.

Wamentan Harvick yang merupakan Putra Daerah Tanah Datar  tepatnya dari  Lantai Batu, Nagari Baringin, Kabupaten Tanah Datar juga katakan bahwa Kementerian Pertanian siap membantu dan memfasilitasi kegiatan Pemerintah Daerah ataupun masyarakat petani.

“Kementan memiliki ahli-ahli di bidang pertanian, bahkan juga Atase Pertanian yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Silahkan kunjungi kami, Insya Allah pintu kantor Saya selalu terbuka untuk semua, ini buka wacana atau basa-basi. Mari kita wujudkan kedaulatan pangan bukan lagi ketahanan pangan,” pungkasnya.

Setelah  melakukan Launching Asuransi Ternak dan Tanaman serWamentan bersama Bupati Eka Putra  menyerahkan bantuan dari Kementan RI secara simbolis berupa Benih Alpukat 2.000 batang, Benih Bawang Merah 10.000 Kg, pupuk NPK 1.100 Kg, Pupuk Organik Padat (POP) 30.800 Kg, pupuk organik cair 50 liter dan bantuan sarana pascapanen 1 unit.

Acara dihadiri oleh  perwakilan dari Dinas terkait dari Pemerintah Provinsi Sumbar, Kepala Jasindo Perwakilan Sumbar, Forkopimda Tanah Datar dan Padang Pajang, para Asisten, Ketua TP PKK Tanah Datar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kabag di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar serta undangan lainnya. (MR)

Leave a comment