Warning! TPID Bengkulu Gagal, Inflasi Tembus 6 Persen

Bengkulu, solusi-news.com– Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu Tingkat Inflasi Kota Bengkulu naik tajam.  Pada Juli 2022 mencapai 0.91 persen. Kemudian laju inflasi tahun kalender mencapai 4,75 persen dan inflasi tahunan mencapai 6,03 persen. Angka inflasi tersebut diluar dari target yang telah ditetapkan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sebesar 3 plus minus 1.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Ir. Win Rizal, ME mengatakan, dengan tingginya angka inflasi yang tidak terkendali di Provinsi Bengkulu menjadi warning terjadinya percepatan jumlah angka kemiskinan di Bengkulu.

“Inflasi Bengkulu meningkat dari 2 persen pada juli 2021 menjadi 6,03 persen pada juli 2022 kenaikannya cukup tajam, jauh lebih besar dari tahun seblumnya dampaknya multiplayer terutama kemiskinan,” ujar Win Rizal  di Bengkulu, Senin (1/8).

ket foto : Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu Tingkat Inflasi Kota Bengkulu naik tajam.-(solusi-news.com)

Adapun Komoditas utama penyumbang inflasi Juli 2022 yakni angkutan udara  0,30 persen mtm, cabai merah 0,20 persen mtm, sekolah menengah atas 0,06 persen mtm, bawang merah 0,05 persen mtm, ikan tuna 0,04 persen mtm, sate 0,04 persen mtm.

Dikatakan Kepala BPS Provinsi dengan tingkat inflasi tersebut membuat Bengkulu berada pada posisi ke 11 se Sumatera dan untuk nasional pada urutan ke 27.

“Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka inflasi di Bengkulu bisa mencapai angka dua digit di akhir tahun. Sehingga pemerintah daerah harus mengambil langkah-langkah agar angka tersebut bisa menurun,” tutupnya. (R)

Leave a comment