Wisata Penembang Kuncinya Kesejahteraan Masyarakat di Bengkulu

Bengkulu Tengah,solusinews.click – Desa Penembang merupakan desa wisata Rintisan yang memiliki potensi wisata yang komplit. mulai dari wisata air terjun, wisata atraksi dan wisata kuliner. Desa penembang mempunyai 7 buah air terjun, serta salah satu tempat tumbuhnya bunga raflessia dikabupaten Bengkulu Tengah.

Pengembangan desa Penembang di Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah dianggap sangat penting sebagai upaya mendorong kesejahteraan masyarakat. Keberadaan desa wisata akan memberi peluang terhadap pemberdayaan ekonomi.

Pengembangan desa wisata baru yang memanfaatkan potensi alam, seni dan budaya memberi peluang untuk menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat setempat.

Desa Penembang memiliki destinasi wisata alam berupa air terjun bernama Air Terjun Cuup Pesuk, cara untuk menuju ke destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk cukup mudah. Rute menuju ke lokasi dapat ditempuh dengan Jl Bengkulu – Kepahiang. Telusuri saja sepanjang jalan tersebut hingga sampai di ujung jalan/persimpangan Taman Kota Kepahiang.

Daya tarik lain dari destinasi wisata Air Terjun Cuup Pesuk terletak pada kondisi airnya. Air di curug sangat bersih dan jernih serta tidak pernah keruh. Baik pada musim hujan maupun kemarau, kondisi air selalu nampak jernih.

Tempat wisata Air Terjun Cuup Pesuk juga tidak memiliki area parkir. Namun area pemukiman warga dengan senang hati menyediakan tempat parkir. Dengan kata lain, parkir di tempat pemukiman penduduk setempat.

Desa penembang pun di daftarkan untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, namun sayangnya Desa wisata Penembang masih belum mampu lolos masuk kedalam 50 besar desa wista terbaik se-Indonesia. Bahwa desa wisata yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022 terbukti memiliki daya tarik wisata yang variatif, dari mulai wisata religi, ekowisata, bahari, budaya, agrowisata, dan lainnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Provinsi Bengkulu, Suimi Fales, mengapresiasi langkah promosi yang dilakukan pegiat wisata di objek wisata Desa Penembang yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu.

“Kami terkesan dengan pengelolaannya, baik itu darisegi promosi maupun dari segi pemanfaatan potensi wisata yang dimiliki. Pegiat wisata di Desa Penembang ini selalu melakukan inovasi-inovasi baru yang membuat pengunjung selalu ingin kembali berkunjung,” ujarnya,

Untuk itulah, keberadaan destinasi wisata baru seperti Air Terjun Cuup Pesuk merupakan potensi wisata di Kabupaten Bengkulu Tengah, sehingga kehadirannya mampu menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan usaha kecil.

“Sektor pariwisata dengan daya tarik dan keunikan di setiap desa bisa menciptakan lapangan kerja baru untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tutup Suimi Fales. (R)

Leave a comment